Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Decu jantan dan betina paling akurat

gambar burung decu jantan dan betina
Burung Decu Jantan & Betina
OnKicau.com - Burung Decu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang cukup digemari para Kicau Mania. Tapi sayangnya populasi burung ini di alam bebas sudah semakin langka dan saat ini cukup sulit untuk menemukan burung ini, baik di alam bebas maupun dipasar burung.

Burung Decu jantan memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Decu betina cenderung monoton dan vulumenya kurang keras.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Decu sebetulnya cukup mudah karena antara burung jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama pada warna bulunya sehingga mudah untuk dibedakan oleh pemula sekalipun.

Jadi, jika berniat membeli burung Decu, tidak perlu kuatir akan salah pilih karena ciri-ciri burung jantan dan betina mudah dikenali.

Baca juga: Cara merawat burung Decu bakalan agar rajin bunyi dan cepat gacor

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Decu jantan dan betina paling akurat:

Ciri-ciri burung Decu jantan:

1. Bulu-bulu disekujur tubuh burung Decu jantan didominasi warna hitam pekat dengan kombinasi warna putih pada strip dibagian sayap dan dibagian bawah perutnya sampai bawah ekor mirip dengan Kacer Tretes. Oleh karena itulah burung Decu sering disebut sebagai Kacer mini.

2. Postur tubuh burung Decu jantan lebih besar dan panjang. Ketika berdiri juga lebih tegak dan terlihat lebih gagah.

3. Kepala burung Decu jantan lebih besar dan bentuknya agak cepak.

4. Burung Decu jantan lebih rajin bunyi dengan suara kicauan yang merdu, nyaring dan bervariasi.

Ciri-ciri burung Decu betina:

1. Bulu-bulu disekujur tubuh burung Decu betina didominasi warna coklat dengan perpaduan warna putih dibagian bawah perutnya.

2. Postur tubuh burung Decu betina lebih kecil dan pendek (bulat/buntet).

3. Kepala burung Decu betina lebih kecil dan bentuknya membulat.

4. Suara kicauan burung Decu betina cenderung monoton dengan volume yang kecil.

Ciri paling mencolok dari burung Decu jantan dan burung Decu betina terdapat pada warna bulu tubuhnya yang sangat jelas berbeda.

Burung Decu jantan memiliki bulu tubuh yang didominasi warna hitam mengkilap, sedangkan burung Decu betina memilki bulu tubuh yang didominasi warna coklat.

Jadi, untuk membedakan jenis kelamin burung Decu yang sudah dewasa, cukup dengan melihat warna bulunya saja. Sedangkan untuk membedakan anakan/trotolan burung Decu jantan dan betina bisa dilihat dari postur tubuh, perilaku dan juga warna bulunya.

Baca juga: Perawatan yang tepat untuk burung Decu mabung agar cepat tuntas

Berikut ini ciri-ciri perbedaan trotolan burung Decu jantan dan betina:

gambar anakan/trotolan burung decu jantan dan betina
Anakan/trotolan burung Decu jantan dan betina
1. Anakan/trotolan burung Decu jantan memiliki postur tubuh dan bentuk kepala yang lebih besar dibanding anakan/trotolan burung Decu betina.

2. Anakan burung Decu jantan juga lebih aktif dan lebih agresif dibanding anakan burung Decu betina, terutama saat minta diloloh atau berebut makanan.

3. Bulu-bulu anakan/trotolan burung Decu jantan didominasi warna hitam dengan kombinasi warna putih disekujur tubuhnya, sedangkan bulu-bulu anakan/trotolan burung Decu betina didominasi warna coklat dengan kombinasi warna putih keruh.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan Cucak ijo jantan dan betina (dewasa/trotolan/semiran) paling akurat

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan antara burung Decu jantan dan burung Decu betina yang sudah dewasa dan yang masih anakan/trotolan. Untuk informasi lain seputar burung Decu, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Decu jantan dan betina paling akurat"