Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Perkutut yang memiliki suara bagus

gambar burung perkutut njambe nom
Ilustrasi Bentuk Kepala Perkutut Njambe Nom
Onkicau.com - Sejak jaman dulu burung Perkutut merupakan klangenan bagi banyak orang, terutama bagi masyaraJawa karena suara anggungannya yang merdu dapat menjadi hiburan tersendiri bagi para penggemarnya.

Suara anggungan burung Perkutut dapat membawa suasana nyaman dan tenteram bagi penikmatnya (adem ayem). Oleh karena itulah burung Perkutut lebih banyak dipelihara oleh orang-orang yang sudah dewasa / orang tua yang mendambakan ketenangan hidup.

Tapi jika kita amati, tidak semua burung Perkutut memiliki suara anggungan yang merdu dan enak didengar, karena bukan hanya gacor atau rajin manggung saja yang dicari oleh para Kung Mania, tapi yang terpenting adalah kualitas suara anggungannya.

Burung Perkutut di anggap bagus jika dapat menghasilkan suara depan (klau), suara tengah (ketek) dan suara ujung (kung) yang jelas ketukannya dengan irama yang harmonis.

Baca juga: Cara merawat Perkutut ombyokan agar cepat bunyi

Berikut ini ciri-ciri burung Perkutut yang memiliki suara bagus:

1. Burung Perkutut yang memiliki bentuk kepala njambe nom (seperti buah pinang muda) dengan leher yang panjang dapat menghasilkan suara dengan volume yang besar (kelas A).

2. Burung Perkutut dengan bentuk leher pendek akan menghasilkan suara dengan volume yang kecil (kelas C), karena tenggorokan burung Perkutut merupakan bagian terpenting untuk menghasilkan suara.

Pada saat burung Perkutut sedang manggung, maka tenggorokannya akan membesar untuk memompa udara dari dalam paru-parunya. Jadi, ukuran leher burung Perkutut akan sangat menentukan seperti apa kualitas suara yang dihasilkannya.

3. Burung Perkutut yang bentuk hidungnya seperti bentuk hidung burung Merpati biasanya memiliki volume suara yang besar.

4. Burung Perkutut yang pada bagian paruhnya terdapat garis tengah yang tebal biasanya memiliki suara ujung (kung) yang pendek dan burung Perkutut yang pada bagian paruhnya terdapat garis tengah yang tipis biasanya memiliki suara ujung (kung) yang panjang.

5. Burung Perkutut dengan bentuk paruh bagian atas lebih pendek dari paruh bagian bawah biasanya memiliki volume suara yang cenderung kecil. Dan burung Perkutut yang memiliki bentuk paruh simetris, berukuran besar dan proporsional biasanya akan menghasilkan suara kering tapi dengan volume yang besar.

Baca juga: Cara merawat Perkutut agar suara manggungnya besar

6. Burung Perkutut yang memiliki lidah kecil biasanya memiliki suara kelas A, sedangkan burung Perkutut yang memiliki lidah besar biasanya memiliki suara kelas C.

7. Ukuran tubuh burung Perkutut tidak bisa menjadi jaminan untuk menentukan kualitas suaranya, karena bisa saja burung Perkutut yang postur tubuhnya kecil justru memiliki suara kelas A dan bisa juga burung Perkutut dengan postur tubuh besar justru memiliki suara kelas C.

8. Kualitas suara burung Perkutut lebih banyak ditentukan oleh garis keturunan / genetiknya. Jadi jika indukannya bersuara bagus maka kemungkinan besar anakannya juga akan memiliki suara yang bagus.

9. Burung Perkutut yang memiliki suara jernih dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara ujung (kung) yang panjang / ndlosor biasanya memiliki bentuk dada yang padat dan lebar.

10. Bentuk fisik burung Perkutut dapat menjadi petunjuk untuk membaca karakternya. Pilihlah burung Perkutut dengan bulu-bulu dikedua belah sayapnya yang memiliki garis satu jalur, karena hal itu mengindikasikan bahwa burung Perkutut tersebut memiliki mental yang bagus, agresif, dan tidak takut ketika berhadapan dengan Perkutut lain.

11. Pilihlah burung Perkutut dengan bentuk tubuh melengkung kebawah (bongkok udang), karena Perkutut dengan ciri tersebut dapat dipastikan memiliki kualitas suara yang bagus dan juga memiliki mental yang kuat.

Baca juga: Manfaat mengerek burung Perkutut di tiang yang tinggi

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri burung Perkutut bersuara bagus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Somoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Perkutut yang memiliki suara bagus "