Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya terapi kandang umbaran untuk Murai Batu (MB)

gambar burung murai batu di kandang umbaran
Burung Murai Batu didalam kandang umbaran

Onkicau.com - Kandang umbaran atau polier memiliki banyak sekali manfaat untuk burung Murai Batu (MB), terutama untuk Murai Batu lapangan.

Ada beberapa manfaat dari terapi kandang umbaran untuk Murai Batu, antara lain:

1. Menjaga stamina dan kondisi fisik burung Murai Batu agar tetap fit dan prima. Karena dengan diumbar maka seluruh otot-otot tubuhnya digunanakan untuk bergerak.

2. Menguatkan otot-otot dada dan sayap yang berdampak pada suara kicauan burung Murai Batu menjadi lebih lantang dan bertenaga.

3. Menguatkan nafas, sehingga Murai Batu akan lebih kuat berkicau dari awal sampai akhir perlombaan.

Nafas yang panjang memang bisa dilatih dengan penjemuran yang lama atau bisa juga dengan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering), tapi akan lebih maksimal jika fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran, sehingga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu nafasnya menjadi lebih panjang dan staminanya juga menjadi lebih prima.

Baca juga: Cara meningkatkan volume suara Murai Batu

4. Mencegah kegemukan, karena dengan terbang bolak-balik didalam kandang umbaran akan lebih cepat membakar kalori, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak didalam tubuh burung Murai Batu.

5. Mencegah stress, karena dengan berada dikandang yang besar maka burung Murai Batu bisa lebih leluasa bergerak mengepakkan sayapnya seperti di alam bebas.

Selain itu, terapi kandang umbaran juga dapat menjadi sarana refreshing untuk Murai Batu yang sudah terlalu lama berada didalam kandang berukuran kecil (kandang harian).

Tapi meskipun manfaatnya cukup banyak, pengumbaran tidak boleh dilakukan asal-asalan tanpa memperhatikan kondisi burung Murai Batu.

Kita harus melihat kondisi burung Murai Batu yang akan di umbar, apakah burung tersebut perlu diumbar atau malah sebaliknya, burung Murai Batu perlu banyak istirahat karena kondisi fisiknya sedang tidak fit. Karena jika sampai salah analisa, bukannya menjadi lebih baik tapi justru bertambah parah (ngedrop).

Jika Murai Batu dalam kondisi fisik tidak fit kemudian dipaksakan untuk berolah raga, maka yang terjadi kondisinya akan semakin ngedrop karena staminanya terkuras untuk terbang bolak-balik didalam kandang umbaran.

Baca juga: Cara mengatasi Murai Batu sakit dan tidak mau makan

Jadi, Murai Batu yang akan diumbar harus dalam kondisi yang benar-benar fit, karena pengumbaran akan sangat menguras staminanya.

Dalam melakukan pengumbaran juga harus disediakan pakan, terutama extra fooding (EF) dalam jumlah yang cukup banyak dan juga air minum yang cukup.

Pemberian extra fooding (EF) seperti jangkrik dengan porsi tanpa batas pada waktu diumbar bertujuan agar Murai Batu tidak kehabisan tenaga karena suplai pakan selalu tersedia.

Pembakaran kalori yang besar juga harus di imbangi pula dengan asupan nutrisi yang memadai agar kondisi fisik Murai Batu tidak ngedrop.

Terapi kandang umbaran bisa dilakukan 2 - 3 kali seminggu agar burung Murai Batu tidak kelelahan.

Usahakan untuk menempatkan kandang umbaran dilokasi yang terkena sinar tatahari langsung agar burung Murai Batu bisa sekalian berjemur.

Baca juga: Dampak buruk penjemuran yang terlalu lama pada Murai Batu

Usahakan juga agar penempatan kandang umbaran aman dari gangguan predator seperti kucing dan lainnya.

Posisi tangkringan / tenggeran dibuat dengan posisi atas bawah, yaitu posisi bawah dibagian depan dan posisi atas dibagian belakang agar Murai Batu bisa terbang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk olah fisik.

Dengan melakukan pengumbaran secara teratur dan konsisten, maka lama-kelamaan kondisi fisik Murai Batu akan semakin fit, staminanya semakin prima dan nafasnya lebih panjang sehingga saat dilombakan Murai Batu tersebut dapat tampil lebih maksimal.

Biasanya pada saat pertama kali di umbar burung Murai Batu akan terlihat ngedrop karena belum terbiasa, tapi setelah terapi umbaran berjalan 1 - 2 bulan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung Murai Batu, karena fungsinya untuk mengembalikan burung seperti dihabitat aslinya dan juga kodratnya, yaitu terbang bebas mengepakkan sayapnya.

Burung Murai Batu yang sudah terlalu lama berada dalam kandang harian tentunya tidak pernah lagi menggunakan sayapnya untuk terbang. Hal itu tentunya membuat otot-otot sayap dan dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan secara tidak langsung pasti kondisi tersebut berpengaruh pada kualitas suara kicauannya.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi Murai Batu yang hanya ngeriwik

Demikian sedikit informasi tentang pentingnya terapi kandang umbaran untuk Murai Batu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Pentingnya terapi kandang umbaran untuk Murai Batu (MB)"