Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengobati kaki Kenari yang bengkak dan jamuran

burung kenari
Ilustrasi Kaki Kenari Jamuran

On Kicau - Kenari termasuk burung yang memiliki kulit sangat sensitif terutama pada gigitan nyamuk, dan seringkali kita dapati Kenari yang kakinya benjol akibat digigit nyamuk. Selain sensitif terhadap gigitan nyamuk, kaki Kenari juga sangat rentan terserang jamuran.

Umumnya gigitan nyamuk tidak terlalu berpengaruh pada kondisi kesehatan Kenari, tapi pada beberapa kasus akan muncul bintik-bintik merah/iritasi pada kaki Kenari akibat gigitan nyamuk, dan lama-kelamaan akan menyebabkan kaki Kenari menjadi bengkak sehingga sangat mengganggu aktivitas keseharian burung Kenari.

Baca juga: Cara merawat burung Kenari mabung yang benar agar cepat tuntas

Untuk mengobati kaki Kenari yang bengkak akibat gigitan nyamuk atau yang terkena penyakit jamuran sebetulnya cukup mudah, cukup menggunakan Minyak tawon atau Minyak kayu putih yang biasa kita pakai.

Caranya cukup dengan mengoleskan Minyak tawon atau Minyak kayu putih pada bagian tubuh yang terkena gigitan nyamuk atau yang jamuran. Olesi secukupnya saja sampai merata pada bagian kaki yang digigit nyamuk, dan untuk kaki yang jamuran, olesi seluruh bagian kaki sampai merata sambil dipijit-pijit untuk melepas bagian sisik/kerak yang ada pada kaki Kenari.

Lakukan pengobatan setiap hari sampai kaki Kenari yang bengkak tersebut benar-benar sembuh. Sebaiknya pengobatan dilakukan pada sore hari ketika Kenari akan tidur agar lebih efektif.

Untuk mencegah agar Kenari tidak digigit nyamuk, sebaiknya pada malam hari sangkarnya dikerodong agar nyamuk tidak bisa masuk kedalam sangkar.

Selain berfungsi untuk melindungi burung dari gigitan nyamuk, kerodong juga bermanfaat untuk melindungi burung dari cuaca dingin.

Untuk mencegah kaki Kenari agar tidak jamuran, kebersihan sangkar dan plangkringan harus diperhatikan, dan pada saat memandikan Kenari sebaiknya semprot bagian kakinya sampai bersih dari kotoran yang menempel.

Baca juga:

Pengobatan katarak pada burung dengan cara alami

Ciri-ciri burung cacingan dan pencegahannya

Demikian sedikit informasi tentang cara mengobati kaki burung Kenari yang bengkak dan jamuran yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengobati kaki Kenari yang bengkak dan jamuran"