Ciri-ciri perbedaan Derkuku jantan dan betina yang akurat

Burung Derkuku/Tekukur adalah sejenis burung Merpati yang biasa berkeliaran dikawasan hutan terbuka, ladang, dan area persawahan untuk mencari makan.

Antara Derkuku/Tekukur jantan dan betina memiliki penampilan fisik yang tampak serupa. Burung Derkuku berkembang biak sepanjang tahun dengan membuat sarang dari ranting-ranting kecil dan rumput-rumput kering yang diletakkan didahan pohon atau diatas tanah. 

Seperti halnya jenis burung Merpati yang lain, Derkuku/Tekukur tidak begitu suka hidup berkelompok, dan biasanya hanya hidup dengan pasangannya.

Berikut ini beberapa perbedaan antara Derkuku jantan dan betina:

• Postur tubuh

Ketika masih anakan cukup mudah untuk membedakan burung jantan dan betina, karena ukuran tubuh anakan Derkuku jantan lebih besar dari yang betina, bulu anakan Derkuku betina lebih banyak dari anakan Derkuku jantan dan berwarna kekuning-kuningan. Jika dipegang tubuh anakan Derkuku jantan terasa lebih berat dan berisi dibanding dengan anakan Derkuku betina.

Postur tubuh Derkuku jantan dewasa lebih besar dan panjang dengan dada yang lebih lebar dibanding Derkuku betina yang memiliki postur tubuh kecil dan dada yang sempit.

• Sayap

Bulu sayap Derkuku jantan lebih sedikit dibanding dengan bulu sayap Derkuku betina dengan warna bulu lebih cerah dibanding betina.

• Bentuk kepala

Kepala Derkuku jantan lebih besar dari yang betina dengan bentuk lebih menonjol, sedangkan kepala Derkuku betina bentuknya agak bulat, dan jika diperhatikan warna bulu pada bagian kepala (dahi) Derkuku jantan tampak lebih cerah dari yang betina.

• Mata

Bentuk mata Derkuku jantan tampak lebih besar dengan sorot mata tajam, sedangkan mata Derkuku betina lebih kecil dengan sorot mata sayu.

• Leher

Bentuk leher Derkuku jantan lebih besar dengan pola bintik-bintik pada bulu lehernya lebih banyak dan cerah, sedangkan bentuk leher Derkuku betina lebih kecil dengan warna bintik-bintik lebih sedikit dan warnanya agak kusam.

• Suara

Derkuku jantan lebih rajin manggung dengan suara lebih besar dan nyaring, dan ketika sudah birahi, Derkuku jantan akan sering bunyi dengan mengangguk-anggukkan kapalanya (mbekur).

• Supit udang

Supit udang Derkuku jantan lebih sempit/rapat dan terasa agak keras saat ditekan dengan jari, sedangkan supit udang Derkuku betina lebih lebar/renggang dan terasa lunak saat ditekan dengan jari.

• Anus/Kloaka

Jika diperhatikan, bentuk anus/kloaka Derkuku jantan lebih menonjol keluar, sedangkan anus/kloaka Derkuku betina bentuknya lebih datar dan lebih lebar.

Baca juga:

Perawatan yang tepat untuk burung Derkuku agar rajin manggung

Ciri-ciri Perkutut yang memiliki suara bagus

Ciri-ciri Perkutut Putih yang asli

Demikian sedikit informasi tentang "Ciri-ciri perbedaan Derkuku jantan dan betina yang akurat". Untuk informasi lain seputar Derkuku/Tekukur, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Derkuku jantan dan betina