Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keistimewaan Murai Batu (MB) blorok

gambar murai batu blorok
Murai Batu Blorok

Onkicau.com - Istilah blorok pada awalnya adalah sebutan untuk ayam kampung yang memiliki beberapa macam warna bulu. Tapi saat ini istilah blorok juga sering digunakan untuk menyebut seekor burung yang memiliki warna bulu tidak lazim seperti pada umumnya (tidak normal).

Jika blorok pada ayam kampung merupakan hal yang wajar dan bukan merupakan sesuatu yang istimewa, lain halnya jika blorok tersebut terjadi pada burung kicauan atau burung anggungan.

Karena hal itu merupakan kejadian yang tidak lazim (langka) sehingga burung yang memiliki warna bulu blorok dianggap istimewa dan harganya bisa lebih mahal dari burung yang memiliki warna bulu normal.

Kenapa burung yang memiliki bulu blorok bisa berharga fantastis..??

Apa sebetulnya keistimewaan dari burung dengan warna bulu blorok..??

Baca juga: Kelebihan Murai Batu kaki hitam

Pada artikel kali ini akan membahas tentang kelebihan dan keistimewaan Murai Batu blorok yang fenomenal dan berharga fantastis.

Normalnya burung Murai Batu memiliki warna bulu hitam pada bagian kepala, punggung sampai pada bagian ekornya, serta warna coklat kemerah-merahan dari bagian dada sampai pada bagian kloaka, sedangkan warna putih terdapat di bagian bawah ekor dan bagian punggung bawahnya.

Penampilan fisik Murai Batu blorok bagi sebagian orang merupakan hal yang menarik, karena kelainan warna tersebut merupakan kejadian yang sangat langka dan dianggap unik, sehingga karena keunikan dan kelangkaannya tersebut, Murai Batu blorok bisa dihargai sangat mahal.

Tapi bagi sebagian orang lainnya, Murai Batu blorok justru di anggap tidak bagus karena warna bulu blorok tersebut merupakan sebuah kelainan yang menyebabkan sebagian bulu-bulunya tidak memiliki pigmen warna. Warna bulu yang tidak beraturan tersebut dianggap mengurangi keindahan dan kegagahan dari burung Murai Batu tersebut.

Dari segi kualitas, baik mental maupun suara sebetulnya tidak ada yang istimewa dari Murai Batu blorok. Keistimewaan Murai Batu blorok hanya pada keunikan dan kelangkaannya saja, karena warna bulunya tidak sama dengan Murai Batu pada umumnya.

Sedangkan untuk harganya yang mahal, awalnya adalah permainan pedagang saja untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Dan jika ada Murai Batu blorok yang dapat berprestasi di ajang lomba burung kicau tingkat Nasional, hal itu hanya kebetulan saja karena kualitas burung Murai Batu tidak ditentukan dari warna bulunya, tapi ditentukan dari bakat burung itu sendiri, terutama dari faktor genetik dan pola perawatan harian.

Baca juga: Faktor genetik sangat menentukan kualitas anakan Murai Batu

Demikian sedikit informasi tentang keistimewaan dan kelebihan Murai Batu blorok yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Keistimewaan Murai Batu (MB) blorok"