Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjodohkan Burung Pleci

gambar burung pleci jantan dan betina
Burung Pleci Jantan & Betina

Onkicau.com - Burung Pleci termasuk burung kicauan yang banyak digemari para Kicau Mania, tapi sayangnya masih jarang ada peternak yang mau menangkarkan burung mungil ini sehingga hampir semua stok bahan/bakalan burung Pleci (burung kaca mata) yang dijual dipasaran merupakan burung liar tangkapan dari alam. Padahal peluang usaha penangkaran burung Pleci sebetulnya cukup menjanjikan karena penggemar burung ini sangat banyak.

Selain itu, jika tidak dilakukan upaya penangkarkan maka populasi burung Pleci di alam bebas akan terancam punah karena terus ditangkap secara besar-besaran. Untuk menangkarkan burung Pleci memang tidak mudah dan memerlukan trik-trik tertentu, tapi yang paling penting adalah sabar dan telaten untuk dapat menjodohkan burung Pleci jantan dan betina agar dapat berkembang biak.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan anakan burung Pleci jantan dan betina paling akurat

Berikut ini tahapan-tahapan untuk menjodohkan burung Pleci:

1. Siapkan calon indukan burung Pleci jantan dan betina dewasa yang sudah siap kawin, dan pastikan jika kedua calon indukan tersebut benar-benar berjenis kelamin jantan dan betina.

2. Gantang keduanya dengan posisi saling berdekatan dalam kandang terpisah.

3. Setelah terlihat sudah mulai ada kecocokan antara burung Pleci jantan dan betina, coba jauhkan kandang kedua calon indukan burung Pleci tersebut agar tidak bisa saling melihat, tapi masih bisa mendengar suaranya.

4. Jika kedua calon indukan burung Pleci ada kecocokan, biasanya keduanya akan saling memanggil sahut-sahutan.

5. Saat dijemur, tetap jejerkan rapat kandang burung Pleci jantang dan betina yang sedang dalam proses perjodohan tersebut.

6. Selama masa perjodohan, usahakan selalu diberikan pakan yang berprotein tinggi seperti kroto untuk memicu birahi kedua burung Pleci.

7. Ketika kedua calon indukan burung Pleci terlihat sudah cocok, keduanya bisa mulai disatukan dalam satu kandang. Penyatuan kedua calon indukan Pleci tersebut dalam satu kandang bisa dilakukan selama 3 hingga 6 hari untuk masa percobaan.

8. Perhatikan kedua burung Pleci tersebut, apakah benar-benar sudah cocok atau justru malah berkelahi. Jika keduanya ternyata saling menyerang, coba pisahkan lagi selama beberapa hari dengan cara didekatkan dalam kandang terpisah.

9. Tapi jika selama disatukan kedua burung sudah terlihat cocok dan berjodoh, yang ditandai kedua calon indukan Pleci tersebut sudah mulai mencari bahan untuk membuat sarang (ngunjal), maka mulai perbanyak pemberian pakan hewani seperti kroto dan ulat hongkong (UH) untuk mendongkrak birahinya agar proses reproduksinya dapat berlangsung lebih cepat.

Baca juga: Cara merawat anakan burung Pleci agar bertahan hidup dan cepat besar

Demikian sedikit informasi tentang cara menjodohkan burung Pleci yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Menjodohkan Burung Pleci"