Advertisement

Ciri-ciri perbedaan burung Kepodang jantan dan betina

Untuk membedakan antara burung Kepodang jantan dan betina memang cukup sulit karena Kepodang merupakan jenis burung monomorfik, yaitu antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik yang nyaris serupa. Karena itu, perlu kejelian untuk membedakan jenis kelamin burung Kepodang.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Kepodang jantan dan betina:

• Kepala

Rata-rata Kepodang jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dibandingkan Kepodang betina.

• Topeng/mantel

Kepodang jantan dan betina sama-sama memiliki topeng/mantel atau bulu berwarna hitam yang terdapat dibagian mata melingkar sampai kepala bagian belakang.

Kepodang jantan memiliki mantel/topeng yang lebih tipis dibagian belakang kepalanya, sedangkan Kepodang betina memiliki topeng/mantel yang lebih tebal/lebar.

• Ekor

Ciri-ciri Kepodang jantan dan betina selanjutnya adalah pada bagian pangkal ekornya. Pada bagian ekor Kepodang jantan terdapat warna kuning dibagian sisinya dan warna hitam di bagian tengahnya, sedangkan ekor Kepodang betina hanya terdapat sedikit warna kuning yang tidak terlalu jelas/pudar, atau lebih didominasi warna hitam.

• Sayap

Ciri selanjutnya untuk membedakan Kepodang jantan dan betina adalah dengan melihat garis-garis kuning pada bagian sayapnya. Pola garis-garis kuning pada sayap Kepodang jantan tampak lebih lebar dan renggang, sedangkan pada Kepodang betina tampak lebih sempit.

• Suara

Suara hutan Kepodang jantan (pituwolu) terdengar sangat jelas, keras dan melengking, sedangkan Kepodang betina suara lebih rendah dengan suara (kiuw-kiuw).

Tapi Kepodang betina memiliki lebih banyak variasi kicauan dan lebih mudah jinak jika dibandingkan Kepodang jantan, dan keduanya sama-sama bisa gacor.

Baca juga:

Perawatan burung kepodang agar cepat gacor

Ciri-ciri perbedaan Derkuku jantan dan betina yang akurat

Ciri-ciri Perkutut yang memiliki suara bagus

Demikian sedikit informasi tentang "Ciri-ciri perbedaan burung Kepodang jantan dan betina". Untuk informasi lain seputar burung Kepodang, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Kepodang

Ikuti Kami Via Email