Ciri-ciri perbedaan Cucak Keling jantan dan betina

Cucak keling/Camperling adalah jenis burung monomorfik, yaitu antara burung jantang dan betina memiliki bentuk fisik yang nyaris serupa.

Tapi untuk membedakan antara burung Cucak keling jantan dan betina tidaklah terlalu sulit, karena walaupun bentuk fisik dan warna bulunya hampir serupa namun jika diperhatikan lebih teliti keduanya memiliki benerapa perbedaan yang cukup jelas.

Berikut ini beberapa perbedaan antara Cucak keling jantan dan betina:

• Burung Cucak keling jantan dewasa memiliki warna bulu hitam mengkilat kehijauan pada bagian punggungnya (metalik), sedangkan pada bagian punggung Cucak keling betina warna bulunya hitam pekat.

• Perbedaan lain dari Cucak keling jantan dan betina juga dapat dilihat pada bagian dadanya. Bagian dada Cucak keling jantan berwarna hitam mengkilap, sedangkan pada bagian dada Cucak keling betina warnanya burik atau bercorak.

• Mata Cucak keling jantan juga tampak lebih merah menyala jika dibandingkan dengan Cucak keling betina.

• Postur tubuh Cucak keling jantan lebih besar dan panjang dibandingkan Cucak keling betina yang memiliki postur tubuh lebih kecil dan pendek.

Seperti jenis burung jenis Jalak lainnya, baik burung jantan maupun burung betina sama-sama bisa berkicau dan juga bisa gacor, walupun suara Cucak keling jantan lebih bagus daripada Cucak keling betina, baik dari segi volume suara maupun dari segi variasi kicauannya.

Baca juga:

Perawatan harian Cucak Keling agar rajin bunyi dan gacor

Perawatan yang tepat untuk burung Kemade agar rajin bunyi

Tips perawatan burung Sogok Ontong agar rajin bunyi

Demikian sedikit informasi tentang "Ciri-ciri perbedaan Cucak keling jantan dan betina". Untuk informasi lain seputar Cucak keling, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak Keling jantan dan betina