Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Cucak ijo trotolan jantan semiran

gambar burung cucak ijo semiran
Ilustrasi burung Cucak ijo semiran

Onkicau.com - Cucak ijo (CI) adalah salah satu jenis burung kicauan yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar karena burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi.

Selain itu, burung Cucak ijo juga memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam menirukan berbagai macam suara burung lain dengan cepat dan fasih sehingga membuat banyak Kicau Mania tertarik untuk memeliharanya.

Harga pasaran burung Cucak ijo juga termasuk yang paling stabil dibandingkan dengan harga burung ocehan jenis lainnya, seperti burung Kacer, Kenari, Lovebird (LB) dan burung-burung lainnya yang tidak stabil dan cenderung terus menurun karena stoknya sangat melimpah akibat dari mudahnya burung-burung tersebut ditangkarkan.

Stabilnya harga pasaran burung Cucak ijo dikarenakan stock bahan burung ini dipasaran hampir seluruhnya berasal dari tangkapan hutan (muda hutan), karena sampai saat ini burung Cucak ijo masih sulit untuk ditangkarkan.

Baca juga: Cara beternak burung Cucak ijo yang benar agar berhasil

Banyaknya Kicau Mania yang berminat memelihara burung Cucak ijo membuat burung ini laris manis dipasaran. Hal itu kemudian di manfaatkan oleh para oknum pedagang nakal untuk menjual burung Cucak ijo betina yang disulap menjadi burung Cucak ijo jantan dengan cara disemir agar memiliki topeng.

Akibatnya banyak para penggemar Cucak ijo pemula yang tertipu karena ulah para oknum pedagang nakal yang menjual Cucak ijo semiran demi mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Sebagian penggemar burung Cucak ijo lebih memilih untuk memelihara burung Cucak ijo jantan untuk dipelihara, baik yang hanya dijadikan sebagai klangenan dirumah atau untuk dilombakan, sebab burung Cucak ijo jantan memiliki suara kicauan yang lebih lantang dan bervariasi serta lebih gacor.

Untuk mengelabuhi pembeli biasanya Cucak ijo betina hanya akan disemir dengan totol-totol hitam saja agar tampak seperti Cucak ijo jantan trotolan yang belum full nopeng.

Burung Cucak ijo yang hanya disemir seperti trotolan inilah yang agak sulit untuk dibedakan dengan Cucak ijo trotolan jantan yang asli, apalagi untuk para pemula.

Baca juga: Ciri-ciri Cucak ijo jantan dan betina paling akurat (dewasa - trotolan - semiran)

Berikut ini beberapa ciri-ciri burung Cucak ijo asli dan Cucak ijo semiran:

1. Ciri-ciri Cucak ijo trotolan jantan asli:

- Memiliki bulu hitam yang pekat dan mengkilat.

- Ketika burung sudah dimandikan selama beberapa hari, warna hitamnya tidak berubah / tidak luntur.

- Warna biru metalik disamping / dibawah paruh terlihat jelas tidak tertutup warna hitam.

- Lingkar matanya terlihat berwarna hitam.

- Ketika bulu-bulu hitam dicabut dan diolesi dengan minyak kayu putih, maka warnanya tidak akan luntur.

2. Ciri-ciri Cucak ijo trotol semiran:

- Warna bulu hitamnya cenderung berwarna doff atau tidak mengkilat seperti warna asli burung jantan.

- Warna biru metalik disamping / dibawah paruh tidak tampak atau tertutup warna hitam dari semir.

- Cucak ijo betina yang disemir hingga berbentuk topeng / nopeng, jika diperiksa pada bagian kulit lehernya akan tampak berwarna hitam karena ikut terkena cairan semir.

- Paruh Cucak ijo betina yang dicat hitam menggunakan spidol atau pewarna lain bisa dihapus dengan menggunakan jari tangan yang diolesi minyak kayu putih atau air. Jadi jika warna hitamnya luntur dan menempel pada jari berarti warna paruh tersebut adalah hasil semiran agar menyerupai warna paruh Cucak ijo jantan yang hitam pekat.

- Burung Cucak ijo betina juga ada yang bisa bersuara lantang seperti Cucak ijo jantan, tapi suara kicauannya cenderung ngeban atau diulang-ulang (monoton) dan lebih rajin ngeriwik serta lebih sering mengeluarkan suara aslinya. Sedangkan suara kicauan burung Cucak ijo jantan lebih bervariasi dengan banyak materi isian.

- Kaki Cucak ijo betina yang sudah dewasa akan tampak kering, jadi jika burung Cucak ijo yang masih trotol tapi kakinya sudah tampak kering maka perlu dicurigai karena kemungkinan besar Cucak ijo trotolan tersebut merupakan Cucak ijo betina yang disemir agar terkesan seperti Cucak ijo jantan trotolan.

Baca juga: Tips agar trotolan Cucak ijo cepat nopeng

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Cucak ijo trotolan jantan semiran yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Cucak ijo trotolan jantan semiran"