Advertisement

Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan

Bagi sebagian orang memang cukup sulit untuk membedakan Murai Batu (MB) Medan yang asli dengan Murai Batu dari daerah lain, apalagi sekarang ini sudah banyak keturunan Murai Batu hasil persilangan antara Murai Batu Medan dengan Murai Batu jenis lainnya tanpa memperhatikan silsilahnya.

Dari hasil persilangan itulah maka yang terjadi banyak Murai Batu (MB) Medan yang sudah tidak memiliki silsilah yang murni lagi. Alhasil sekarang ini tidak mudah untuk mendapatkan Murai Batu yang benar-benar keturunan murni dari Murai Batu Medan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri Murai Batu (MB) Medan yang asli:

• Kepala

Rata-rata Murai Batu (MB) Medan memiliki penampilan yang sangar dan terkesan bringas dengan bentuk kepala papak/ceper dan besar namun tampak proporsional karena ditunjang dengan leher yang jenjang dan besar dengan mata besar melotot dan sorot tajam seolah mengintimidasi. Namun ada juga beberapa individu Murai Batu Medan yang memiliki bentuk kepala bulat.

• Ekor

Rata-rata Murai Batu (MB) Medan memiliki ekor panjang dengan ukuran 19-25 cm dan ada juga yang lebih panjang dengan bulu tebal serta daun ekor lebar. Bentuk ekor umumnya melengkung tetapi ada juga yang lurus serta tidak begitu panjang.

Pola ekor Murai Batu (MB) Medan ada yang berbentuk W/V/U dengan warna lidi hitam dan putih sesuai bagian warna bulunya.

• Postur tubuh

Rata-rata Murai Batu (MB) Medan memiliki postur tubuh besar dan panjang (proporsional) dengan dada bidang sehingga terkesan kekar dan atletis menjadikannya tampak lebih gagah jika dibandingkan dengan Murai Batu dari daerah lain.

Tapi sekarang ini justru banyak yang beranggapan bahwa Murai Batu Medan memiliki postur tubuh yang kecil. Anggapan itu sengaja dibentuk oleh kepentingan bisnis para pedagang Murai Batu import.

Murai Batu (MB) import yang memiliki penampilan fisik, karakter, dan pola ekor mirip dengan Murai Batu Medan sengaja diklaim oleh beberapa pedagang sebagai Murai Batu Medan untuk menarik minat pembeli.

• Warna bulu

Warna bulu Murai Batu (MB) Medan dari bagian kepala, leher, sampai bagian punggungnya tampak hitam mengkilap kebiruan (samber lilin) jika terkena sinar Matahari. Sedangkan bulu dada sampai pada bagian perut berwarna dominan coklat tua dan ada juga beberapa yang berwarna coklat terang.

• Warna kaki

Tidak ada ciri khusus pada warna kaki Murai Batu (MB) Medan karena ada yang warna kakinya merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang adalah yang memiliki warna kaki hitam pekat.

• Suara kicauan

Rata-rata Murai Batu (MB) Medan memiliki vokal yang besar (ngebass) dengan volume yang keras tapi enak didengar. Ini bisa kita perhatikan pada saat Murai Batu Medan mengeluarkan materi suara alamnya seperti suara tembakan air terjun yang panjang dan terkesan bergulung (ngeroll).

Kombinasi antara suara alam yang ngebass dengan suara-suara hutan yang nyaring dan melengking terdengar begitu merdu dan harmonis.

• Mental dan fisik

Penampilan fisik Murai Batu (MB) Medan yang begitu gagah dan elegant serta ditunjang dengan mental fighter yang tangguh dan agresif menjadikan Murai Batu Medan memang pantas menjadi primadona burung kicau di Indonesia.

Cri-ciri fisik dan karakter Murai Batu (MB) Medan di atas merupakan informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi umum tapi tidak bisa dijadikan standar atau patokan yang mutlak untuk semua individu Murai Batu Medan.

Baca juga:

Tips agar anakan Murai Batu ternak memiliki ekor lebih panjang

Ciri-ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia

Ciri-ciri fisik dan kelebihan Murai Batu Bordan

Demikian sedikit informasi tantang "Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pola ekor Murai Batu (MB) Medan