Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan

gambar pola ekor murai batu medan
Pola Ekor Murai Batu Medan

Onkicau.com - Murai Batu (MB) medan merupakan salah satu jenis burung Murai Batu lokal yang paling populer dan paling digemari karena di anggap memiliki banyak kelebihan dibanding Murai Batu dari daerah lain.

Tapi untuk membedakan Murai Batu Medan yang asli dengan Murai Batu dari daerah lain memang cukup sulit, terutama bagi yang masih pemula. Apalagi sekarang ini sudah banyak keturunan Murai Batu hasil persilangan antara Murai Batu Medan dengan Murai Batu jenis lainnya tanpa memperhatikan silsilahnya.

Dari hasil persilangan itulah maka yang terjadi banyak Murai Batu Medan yang sudah tidak memiliki silsilah yang murni lagi. Alhasil sekarang ini tidak mudah untuk mendapatkan Murai Batu yang benar-benar keturunan murni dari Murai Batu Medan.

Baca juga: Ciri fisik dan bentuk pola ekor Murai Batu Bordan

Berikut ini beberapa ciri-ciri Murai Batu Medan yang asli:

1. Kepala

Rata-rata Murai Batu Medan memiliki penampilan yang sangar dan terkesan bringas dengan bentuk kepala papak / ceper dan besar tapi tampak proporsional karena ditunjang dengan leher yang jenjang dan besar.

Matanya terlihat besar dan melotot dengan sorot mata tajam seolah mengintimidasi. Tapi ada juga beberapa individu Murai Batu Medan yang memiliki bentuk kepala bulat.

2. Ekor

Rata-rata Murai Batu Medan memiliki ekor panjang dengan ukuran sekitar 19 - 25 cm dan ada juga yang lebih panjang dengan bulu tebal serta daun ekor lebar. Bulu ekor Murai Batu Medan umumnya berbentuk melengkung tetapi ada juga yang lurus serta tidak begitu panjang.

Pola ekor Murai Batu Medan ada yang berbentuk W/V/U dengan warna lidi hitam dan putih sesuai bagian warna bulunya.

3. Postur tubuh

Rata-rata Murai Batu Medan memiliki postur tubuh besar dan panjang (proporsional) dengan dada bidang sehingga terkesan kekar dan atletis yang menjadikannya tampak lebih gagah jika dibandingkan dengan Murai Batu dari daerah lain.

Tapi sekarang ini justru banyak yang beranggapan bahwa Murai Batu Medan memiliki postur tubuh yang kecil. Anggapan itu sengaja dibentuk oleh kepentingan bisnis para pedagang Murai Batu import.

Murai Batu import yang memiliki penampilan fisik, karakter, dan pola ekor mirip dengan Murai Batu Medan sengaja diklaim oleh beberapa pedagang sebagai Murai Batu Medan untuk menarik minat pembeli.

4. Warna bulu

Warna bulu Murai Batu Medan dari bagian kepala, leher, sampai bagian punggungnya tampak hitam mengkilap kebiruan jika terkena sinar matahari. Sedangkan bulu-bulu dibagian dada sampai pada bagian perutnya berwarna dominan coklat tua dan ada juga beberapa yang berwarna coklat terang.

5. Warna kaki

Tidak ada ciri khusus pada warna kaki Murai Batu Medan karena ada yang warna kakinya merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang adalah yang memiliki warna kaki hitam pekat.

Baca juga: Kelebihan Murai Batu kaki hitam

6. Suara kicauan

Rata-rata Murai Batu Medan memiliki vokal yang besar (ngebass) dengan volume yang keras tapi enak didengar. Ini bisa kita perhatikan pada saat Murai Batu Medan mengeluarkan materi suara alamnya seperti suara tembakan air terjun yang panjang dan terkesan bergulung (ngeroll).

Kombinasi antara suara alam yang ngebass dengan suara-suara hutan yang nyaring dan melengking terdengar begitu merdu dan harmonis.

7. Mental dan fisik

Penampilan fisik Murai Batu Medan yang begitu gagah serta ditunjang dengan mental fighter yang tangguh dan agresif menjadikan Murai Batu Medan memang pantas menjadi primadona burung kicau di Indonesia.

Cri-ciri fisik dan karakter Murai Batu (MB) Medan di atas merupakan informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi umum, tapi tidak bisa dijadikan standar atau patokan yang mutlak untuk semua individu Murai Batu Medan.

Baca juga: Ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia

Demikian sedikit informasi tantang ciri fisik dan bentuk pola ekor Murai Batu Medan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan"