Advertisement

Ciri-ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia

Murai Batu (MB) tidak hanya terdapat di Indonesia saja, tapi juga dapat ditemukan dinegara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, Philipina, dan Vietnam. Belakangan ini Murai Batu dari luar Indonesia banyak yang masuk ke Indonesia dan laris manis dipasaran karena pada awal-awal Murai Batu import ini disebut sebagai Murai Batu Medan.

Murai Batu (MB) import yang paling banyak masuk ke Indonesia adalah Murai Batu asal Malaysia yang sering disebut sebagai Murai Batu Medan karena bentuk fisik kedua Murai Batu beda habitat ini memang sangat mirip.

Tapi jika diperhatikan lebih seksama, sebetulnya kedua jenis Murai Batu (MB) tersebut memiliki beberapa perbedaan, mulai dari bentuk fisik, karakter dan suara kicauannya.

Ciri-ciri Murai Batu (MB) Malaysia:

• Rata-rata Murai Batu (MB) Malaysia memiliki ekor yang lebih panjang sari Murai Batu Medan, walaupun ada juga beberapa jenis yang memiliki ekor pendek seperti Murai Batu Borneo (Kalimantan). Panjang ekor Murai Batu Mslaysia ada yang bisa mencapai 35 cm, sementara panjang ekor Murai Batu Medan maksimal hanya 27 cm, itupun sangat jarang bisa ditemui.

Murai Batu (MB) Malaysia yang memiliki ekor panjang sering disebut sebagai Murai Batu Medan super karena seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa bentuk fisik keduanya memang sangat mirip.

• Meskipun pola ekornya sangat mirip dengan Murai Batu (MB) Medan, tapi Murai Batu (MB) Malaysia memiliki daun ekor yang lebih kecil dan tipis walaupun ukurannya panjang. Berbeda dengan Murai Batu Medan yang memiliki daun ekor lebar dan lebih tebal.

• Postur tubuh Murai Batu (MB) Malaysia lebih kecil dan tidak berisi jika dibandingkan dengan Murai Batu Medan yang berpostur tubuh besar, padat berisi, dan proporsional sehingga tampak sangat gagah dan garang.

• Mental fighter Murai Batu (MB) Malaysia cukup tangguh, tapi memiliki kelemahan pada staminanya yang mudah gembos dan cepat lelah, terutama untuk Murai Batu Malaysia ekor panjang karena pada saat berkicau harus menahan beban ekornya yang panjang. Tapi walaupun begitu banyak Kicau Mania yang menyukai Murai Batu Malaysia ekor panjang karena bentuk fisiknya yang indah dan anggun.

• Murai Batu (MB) Malaysia memiliki tingkat kecerdasan yang sangat baik, sehingga mudah menirukan berbagai jenis suara masteran dengan cepat.

Baca juga:

Ciri-ciri fisik dan kelebihan Murai Batu Bordan

Ciri-ciri fisik/Katuranggan Murai Batu (MB) bermental petarung

Kelebihan dan kekurangan Cucak jenggot vs Kapas tembak

Demikian sedikit informasi tentang "Ciri-ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pola ekor Murai Batu Malaysia

Ikuti Kami Via Email