Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

gambar burung kacer didalam kandang umbaran
Burung Kacer didalam kandang umbran

Onkicau.com - Kandang umbaran atau polier memiliki banyak sekali manfaat untuk burung kicauan termasuk burung Kacer, terutama untuk Kacer lapangan yang memerlukan stamina prima untuk bertanding di arena lomba.

Dengan rutin di umbar maka burung Kacer seperti kembali pada kodratnya, yaitu menggunakan sayapnya untuk terbang walaupun tidak leluasa seperti di alam bebas, tapi setidaknya semua organ-organ tubuhnya dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


Berikut ini beberapa manfaat terapi umbaran untuk burung Kacer:

1. Menguatkan stamina dan menjaga kondisi fisik burung Kacer agar selalu fit. Karena ketika di umbar maka seluruh otot-otot tubuh burung Kacer akan digunanakan untuk bergerak sehingga semua organ-organ tubuh burung dapat berfungsi secara optimal.

2. Menguatkan otot-otot dada dan sayap burung Kacer yang akan berdampak secara signifikan pada power suaranya menjadi lebih lantang dan bertenaga.

3. Menguatkan nafas, sehingga akan membuat burung Kacer lebih kuat berkicau dari awal sampai akhir perlombaan tanpa jeda.

Nafas yang panjang memang bisa dilatih dengan durasi penjemuran yang lama atau bisa juga dengan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering), tapi akan lebih maksimal jika fisiknya juga dilatih dengan terapi kandang umbaran sehingga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu nafas yang panjang dan stamina yang prima.


4. Mencegah kegemukan / obesitas, karena dengan terbang bolak-balik didalam kandang umbaran maka akan lebih cepat membakar kalori sehingga tidak terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh burung Kacer.

5. Mencegah stress, karena ketika berada didalam kandang yang besar, burung Kacer bisa lebih leluasa bergerak untuk mengepakkan sayapnya seperti di alam bebas dan sekaligus menjadi sarana refreshing untuk burung Kacer yang sudah terlalu lama berada didalam kandang harian yang sempit.

Tapi perlu untuk diperhatikan, untuk melakukan pengumbaran jangan asal-asalan memasukkan burung Kacer kedalam kandang kandang umbaran.

Sebelum memasukkan burung Kacer kedalam kandang umbaran sebaiknya lihat dulu kondisinya, apakah burung Kacer tersebut perlu di umbar atau justru sebaliknya, burung perlu banyak istirahat karena kondisi fisiknya sedang tidak fit.

Karena jika sampai salah analisa, bukannya menjadi lebih baik setelah di umbar tapi kondisi burung Kacer justru akan bertambah parah (ngedrop) karena kelelahan.

Jika burung Kacer dalam kondisi yang tidak fit dan tetap dipaksakan untuk berolah raga didalam kandang umbaran, maka akibatnya kondisi burung akan semakin ngedrop karena staminanya habis terkuras untuk terbang bolak-balik didalam kandang umbaran.

Jadi, burung Kacer yang akan diumbar harus benar-benar dalam kondisi yang fit, karena terapi kandang umbaran benar-benar akan menguras stamina burung Kacer.

Ketika di umbar, burung Kacer juga harus tetap diberikan pakan, terutama extra fooding (EF) dalam jumlah yang cukup banyak serta air minum yang cukup.


Pemberian extra fooding (EF) dengan porsi tanpa batas pada waktu di umbar bertujuan agar burung Kacer tidak kehabisan tenaga karena suplai pakan selalu tersedia. Jadi ketika merasa lapar burung Kacer bisa langsung makan semaunya.

Intinya, pembakaran kalori yang besar harus di imbangi pula dengan asupan nutrisi yang memadai agar kondisi fisik burung Kacer tidak ngedrop.

Terapi kandang umbaran bisa dilakukan 2 - 3 kali seminggu secara rutin dan terjadwal agar burung Kacer tidak kelelahan.

Usahakan untuk menempatkan kandang umbaran dilokasi yang terkena sinar matahari secara langsung agar burung Kacer bisa sekalian berjemur.

Usahakan juga lokasi penempatan kandang umbaran aman dari gangguan predator seperti kucing dan binatang-binatang lainnya agar burung Kacer tidak merasa terancam dan stress.

Sebaiknya plangkringan / tenggeran dibuat dengan posisi atas dan bawah, yaitu posisi bawah dibagian depan dan posisi atas dibagian belakang kandang umbaran agar burung Kacer bisa terbang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk olah fisik.

Dengan melakukan pengumbaran secara rutin dan teratur maka lama-kelamaan kondisi fisik burung Kacer akan semakin fit dan memiliki stamina prima serta nafas panjang, sehingga ketika dilombakan dapat tampil lebih maksimal.

Mungkin pada waktu pertama kali di umbar burung Kacer akan terlihat ngedrop dan kelelahan karena belum terbiasa. Tapi setelah terapi umbaran dilakukan selama 1 - 2 bulan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental burung Kacer, karena fungsinya untuk mengembalikan burung seperti di habitat aslinya dan pada kodratnya, yaitu terbang bebas mengepakkan sayapnya.

Burung Kacer yang sudah terlalu lama berada didalam kandang harian tentunya tidak pernah lagi menggunakan sayapnya untuk terbang. Hal itu akan membuat otot-otot sayap dan otot-otot dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika hal itu terus berlangsung dalam waktu yang lama maka akan berdampak pada menurunnya performa dan kualitas kicauan burung Kacer tersebut.


Demikian sedikit informasi tentang manfaat kandang umbaran untuk burung Kacer yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat kandang umbaran untuk Kacer"