Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat terapi kandang umbaran untuk Cucak ijo

gambar burung cucak ijo didalam kandang umbaran
Burung Cucak ijo (CI)

Onkicau.com - Kandang umbaran sangat bermanfaat untuk semua jenis burung termasuk burung Cucak ijo (CI), karena seekor burung memang diciptakan untuk terbang dengan kedua sayapnya.

Dengan di umbar maka kondisi fisik burung akan menjadi lebih fit dan memiliki stamina prima karena otot-otot sayap dan dadanya digunakan untuk terbang.

Selain itu, burung yang sering di umbar juga akan memiliki nafas panjang yang akan berdampak pada kualitas suara kicauannya menjadi semakin bagus.

Burung Cucak ijo yang sudah lama dipelihara didalam kandang harian yang sempit tentunya tidak pernah lagi dapat bergerak dengan leluasa.

Hal itu akan membuat otot-otot tubuhnya menjadi lemah karena tidak pernah digunakan lagi untuk beraktivitas berat, sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan organ-organ tubuhnya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Dalam waktu yang lama hal itu akan berdampak pada menurunnya performa dan kualitas suara kicauan burung Cucak ijo serta akan timbul berbagai permasalahan dari mulai masalah fisik sampai masalah mental.

Kandang umbaran atau polier memiliki banyak sekali manfaat untuk burung Cucak ijo, terutama untuk Cucak ijo lapangan yang memerlukan stamina prima untuk bertanding di arena lomba.

Dengan di umbar maka burung Cucak ijo seperti kembali pada kodratnya, yaitu menggunakan sayapnya untuk terbang sehingga burung merasa seperti dihabitat aslinya.

Walaupun tidak leluasa seperti di alam bebas tapi setidaknya semua organ-organ tubuhnya bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Jamu dan suplemen untuk Cucak ijo agar lebih gacor, ngentrok dan bongkar isian

Berikut ini beberapa manfaat terapi kandang umbaran untuk burung Cucak ijo:

1. Menjaga stamina dan fisik burung Cucak ijo agar selalu fit

Dengan rutin di umbar maka seluruh otot-otot tubuh burung Cucak ijo akan terbiasa digunanakan untuk bergerak sehingga semua organ-organ tubuhnya bisa berfungsi lagi secara normal.

2. Menguatkan otot-otot dada dan sayap burung Cucak ijo

Dengan rutin di umbar akan berdampak secara signifikan pada power suara burung Cucak ijo menjadi lebih lantang dan bertenaga. Karena power suara yang dihasilkan seekor burung berkaitan dengan otot-otot dada dan lehernya.

3. Menguatkan nafas

Dengan rutin di umbar akan membuat nafas burung Cucak ijo menjadi lebih panjang dan akan lebih kuat berkicau dari awal sampai akhir perlombaan.

Nafas yang panjang memang bisa dilatih dengan durasi penjemuran yang lama, tapi akan lebih maksimal jika fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran sehingga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu nafas panjang dan stamina yang prima.

4. Mencegah kegemukan

Dengan terbang bolak-balik didalam kandang umbaran maka akan lebih cepat membakar kalori, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak didalam tubuh burung Cucak ijo.

5. Mencegah stress

Ketika berada didalam kandang yang luas, burung Cucak ijo bisa lebih leluasa bergerak mengepakkan kedua sayapnya seperti di alam bebas untuk berolah raga.

Selain itu, kandang juga dapat menjadi sarana refreshing untuk burung Cucak ijo yang sudah terlalu lama berada didalam kandang berukuran kecil (kandang harian), sehingga burung Cucak ijo akan merasa seperti berada dihabitat aslinya.

Baca juga: Cara mengatasi Cucak ijo macet bunyi

Tapi perlu diperhatikan, untuk melakukan pengumbaran jangan asal-asalan saja memasukkan burung Cucak ijo ke dalam kandang umbaran.

Kita harus melihat kondisi burung Cucak ijo yang akan di umbar, apakah burung tersebut memang perlu diumbar atau justru sebaliknya, burung perlu banyak istirahat karena kondisi fisiknya sedang tidak fit.

Karena jika sampai salah analisa, bukannya menjadi lebih baik setelah di umbar tapi kondisi burung justru akan bertambah parah (ngedrop) karena kelelahan.

Jika burung Cucak ijo dalam kondisi yang tidak fit dan tetap dipaksakan untuk berolah raga didalam kandang umbaran, maka akibatnya kondisi burung akan semakin ngedrop karena staminanya akan terkuras untuk terbang bolak-balik didalam kandang umbaran.

Jadi, burung Cucak ijo yang akan diumbar harus benar-benar dalam kondisi yang fit, karena terapi kandang umbaran benar-benar akan menguras stamina burung.

Ketika di umbar, burung Cucak ijo juga harus diberikan pakan berupa buah-buahan dan extra fooding (EF) dalam jumlah yang cukup dan air minum juga harus disediakan.

Pemberian pakan dan extra fooding (EF) seperti jangkrik dan kroto dengan porsi tanpa batas pada waktu diumbar bertujuan agar burung Cucak ijo tidak kehabisan tenaga karena suplai pakan selalu tersedia. Jadi ketika merasa lapar burung Cucak ijo bisa langsung makan semaunya.

Intinya, pembakaran kalori yang besar harus di imbangi pula dengan asupan nutrisi yang memadai agar kondisi fisik burung Cucak ijo tidak ngedrop.

Terapi umbaran bisa dilakukan 2 - 3 kali seminggu agar burung Cucak ijo tidak kelelahan. Usahakan untuk menempatkan kandang umbaran di lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung agar burung Cucak ijo bisa sekalian berjemur.

Usahakan juga agar kandang umbaran aman dari gangguan predator seperti kucing dan binatang-binatang lainnya yang bisa menyerang dan menyebabkan burung Cucak ijo ketakutan.

Sebaiknya plangkringan / tenggeran dibuat dengan posisi atas dan bawah, yaitu posisi bawah dibagian depan (didepan pintu kandang) dan posisi atas dibagian belakang agar burung Cucak ijo bisa terbang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk melatih fisik burung Cucak ijo.

Dengan melakukan pengumbaran secara teratur dan konsisten, maka lama-kelamaan kondisi fisik burung Cucak ijo akan semakin fit dan staminanya juga akan semakin kuat.

Selain itu, dengan rutin di umbar juga akan membuat nafas burung Cucak ijo lebih panjang sehingga ketika dilombakan bisa tampil lebih maksimal.

Mungkin pada waktu pertama kali di umbar, burung Cucak ijo akan terlihat ngedrop dan kelelahan karena belum terbiasa, tapi setelah terapi umbaran berjalan 1 - 2 bulan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung Cucak ijo, karena manfaatnya untuk mengembalikan burung seperti pada habitat asli dan kodratnya, yaitu terbang bebas mengepakkan kedua sayapnya.

Burung Cucak ijo yang sudah terlalu lama berada didalam kandang harian tentunya tidak pernah lagi menggunakan sayapnya untuk terbang sehingga membuat otot-otot sayap dan otot-otot dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Dalam jangka waktu yang lama hal itu pasti akan berdampak pada penurunan performa dan kualitas suara kicauannya.

Baca juga: Tips agar Cucak ijo tampil ngotot dan bongkar isian ketika di lombakan

Demikian sedikit informasi tentang manfaat terapi kandang umbaran untuk burung Cucak ijo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

2 comments for "Manfaat terapi kandang umbaran untuk Cucak ijo"

  1. Hu. Saya mau tanya? Cucak ijo kalo diumbar males terbang apa sebaiknya si sprint atau tidak. ?

    ReplyDelete