Advertisement

Mengenal jenis Lovebird Non Klep

Sampai saat ini masih banyak para Kicau Mania yang masih bingung dengan perbedaan Lovebird (LB) Klep dan Non Klep. Klep disini adalah istilah untuk menyebut jenis Lovebird (LB) yang memiliki lingkar mata tebal berwarna putih atau biasa disebut kacamata. Sedangkan Non Klep adalah sebutan untuk Lovebird (LB) yang tidak memiliki lingkar mata putih atau tidak memiliki kacamata.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Lovebird (LB) Klep dan Non Klep:

• Lovebird (LB) klep/kacamata memiliki lingkaran disekitar mata berwarna putih yang tampak cukup tebal, sementara untuk Lovebird (LB) Non Klep lingkaran putih disekitar matanya terlihat tipis (semi klep) atau tidak ada sama sekali (non klep).

• Ukuran tubuh Lovebird (LB) Klep/Kacamata dan Non Klep juga berbeda. Ukuran tubuh Lovebird (LB) Kacamata rata-rata lebih kecil jika dibandingkan dengan Lovebird (LB) Non Klep yang rata-rata memiliki ukuran tubuh lebih panjang dan besar dari jenis Lovebird (LB) Kacamata.

• Rata-rata Lovebird (LB) Klep/Kacamata memiliki paruh berwarna merah, sedangkan Lovebird (LB) Non Klep berwarna putih atau warna gading dan ada juga yang berwarna kuning. Tapi hal ini tidak mejadi patokan karena ada juga Lovebird (LB) Klep atau Non Klep yang memiliki mutasi dengan warna paruh perpaduan dari keduanya .

• Lovebird Kacamata (Klep) secara umum akan memasuki masa birahi dan siap bertelur pada usia 8 bulan hingga satu tahun, sedangkan Lovebird Non Klep (Non Kacamata) secara umum memiliki masa birahi yang lebih cepat, sehingga pada usia dibawah 8 bulan sudah bisa berproduksi.

• Suara Lovebird (LB) yang paling banyak disukai oleh para Kicau Mania adalah suara dari jenis Lovebird (LB) Kacamata, karena suara ngekeknya bisa panjang dan juga lebih cerewet sehingga sering di ikutkan lomba. Sedangkan untuk jenis Lovebird (LB) Non Kacamata (Non Klep) suaranya cenderung putus-putus dan tidak terlalu cerewet.

• Lovebird (LB) Kacamata memiliki warna bulu dari mulai yang standar yaitu warna hijau sampai yang memiliki warna bulu indah dan mewah.

Sedangkan Lovebird (LB) Non Klep memiliki warna yang sangat beragam, sehingga mereka tidak dapat dinamakan sesuai dengan warna bulunya karena begitu banyaknya warna jenis Lovebird (LB) ini. Dan umumnya sebutan nama untuk Lovebird (LB) adalah dengan melihat warna dominan dari bulu tubuhnya.

Meskipun tidak begitu memiliki nilai ekonomis dibanding saudaranya yang memiliki Kacamata tebal (Klep), tapi memelihara Lovebird (LB) Non Klep, apalagi jika ditangkarkan lebih mudah dan cepat berkembang biak, karena pada usia 7 bulan burung ini sudah mulai bisa ditangkarkan.

Baca juga:

Perbedaan Lovebird Josan dan Lovebird Dark green

Mengenal ciri-ciri Lovebird (LB) biola

Ciri-ciri perbedaan Jalak Bali jantan dan betina

Demikian sedikit informasi tentang "Mengenal jenis Lovebird Non Klep". Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird Kacamata (Klep) dan Lovebird Non Klep (Non Kacamata)