Advertisement

Murai Batu Lampung semi adalah Murai Batu Palangka

Dikalangan Kicau Mania, sering kita dengar istilah Murai Batu (MB) Lampung semi yang dikenal sebagai Murai Batu asal Lampung (Sumatera) yang memiliki karakter semi gembung.

Anggapan tersebut sebetulnya keliru karena Murai Batu (MB) asal Sumatera tidak ada yang gembung atau semi gembung. Istilah Murai Batu Lampung semi adalah sebutan dari para bakul/pedagang untuk menarik minat pembeli dan menaikkan harga jual Murai Batu Palangka atau Murai Batu Kalimantan super (Kalsup).

Murai Batu (MB) Palangka memang memiliki penampilan fisik dan karakter yang agak berbeda dengan Murai Batu Kalimantan/Borneo lainnya seperti Murai Batu Banjar dan Murai Batu kepala haji.

Murai Batu (MB) Palangka memiliki postur tubuh sedang memanjang dengan ukuran ekor cukup panjang sekitar 16-18 cm, lebih panjang dari Murai Batu Kalimantan/Borneo dari wilayah lain yang hanya sekitar 10-15 cm saja.

Bulu dada Murai Batu (MB) Palangka rata-rata berwarna coklat tua, kakinya berwarna kehitaman dan pada saat berkicau, Murai Batu Palangka tidak gembung seperti jenis Murai Batu Kalimantan/Borneo lainnya. Kalaupun gembung hanya tipis saja pada bulu-bulu dibagian perutnya. Tapi ketika ditrek/dipertemukan dengan lawan maka akan tampak karakter aslinya seperti Murai Batu Kalimantan/Borneo pada umumnya, yaitu menggembungkan bulu-bulu badannya pada saat tarung.

Walaupun Murai Batu (MB) Palangka memiliki penampilan fisik dan karakter yang berbeda dengan Murai Batu Kalimantan/Borneo lainnya, namun pola ekornya sama dengan para kerabatnya dari Kalimantan.

Jadi, kita harus lebih teliti jika ingin membeli Murai Batu (MB) yang dikatakan sebagai Murai Batu Lampung/Lampung super. Pastikan dulu jika Murai Batu tersebut betul-betul tidak gembung dengan cara ditrek/di adu dengan Murai Batu lainnya.

Atau cek dulu pola ekornya, pastikan kalau pola ekornya bukan pola ekor Murai Batu (MB) Kalimantan/Borneo. Jangan terkecoh dengan penampilannya yang memiliki ekor panjang dan tidak gembung pada saat berkicau sendirian.

Tapi jika yang akan kita beli tersebut dikatakan sebagai Murai Batu (MB) Lampung semi atau Bordan tentu saja tidak masalah dan tidak perlu dicek lagi asalkan harganya sesuai dengan harga pasarannya.

Jadi kesimpulannya, Murai Batu (MB) Lampung semi sebetulnya adalah Murai Batu Kalimantan/Borneo yang berasal dari Palangka Raya atau biasa disebut juga sebagai Murai Batu Kalimantan super (Kalsup).

Selain sering disebut sebagai Murai Batu (MB) Lampung semi, MB Palangka juga sering disebut sebagai Murai Batu Bordan untuk menarik minat pembeli dan juga untuk menaikkan harga jualnya.

Baca juga:

Ciri-ciri fisik dan pola ekor Murai Batu Medan

Ciri-ciri fisik, karakter dan pola ekor Murai Batu Malaysia

Ciri-ciri fisik dan kelebihan Murai Batu Bordan

Demikian sedikit informasi tentang "Murai Batu Lampung semi adalah Murai Batu Palangka". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pola ekor Murai Batu Palangka

Ikuti Kami Via Email