Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis pakan yang bagus untuk burung Perkutut serta manfaatnya

gambar pakan burung perkutut
Pakan Burung Perkutut
Onkicau.com - Perkutut adalah jenis burung anggungan yang paling populer di Indonesia. Perkutut sangat diminati karena suara anggungannya sangat merdu dan enak didengar. Selain itu perawatannya juga sangat mudah karena burung ini tidak memerlukan perawatan khusus yang merepotkan.

Perkutut adalah jenis burung pemakan biji-bijian seperti milet, jewawut, ketan hitam dan biji-bijian lainya yang mudah didapatkan dan harganya juga murah.

Untuk perawatan hariannya, burung Perkutut cukup diberikan pakan berupa biji-bijian seperti milet, jewawut, gabah, ketan hitam, godem atau biji-bijian lainnya tanpa perlu diberikan extra fooding (EF) setiap hari seperti perawatan burung ocehan.

Jika diberikan pakan berupa campuran biji-bijian yang berkualitas, maka burung Perkutut akan selalu sehat dan rajin bunyi.

Baca juga: Cara merawat Perkutut agar suara manggungnya besar

Berikut ini beberapa jenis pakan yang bagus untuk burung Perkutut dan manfaatnya:

1. Milet

Milet merupakan jenis pakan yang penting untuk burung Perkutut karena kandungan gizinya sangat bagus untuk burung Perkutut.

Milet dapat diberikan untuk semua jenis burung Perkutut dan juga bagus untuk burung Perkutut yang dipelihara dalam sangkar soliter maupun untuk Perkutut yang ditangkarkan.

Tapi khusus untuk Perkutut yang dipelihara dalam kandang soliter sebaiknya jangan diberikan milet secara berlebihan karena dapat menyebabkan kegemukan dan bisa mengakibatkan burung Perkutut menjadi malas bunyi.

2. Gabah

Selain milet, jenis pakan yang disukai burung Perkutut adalah gabah, tapi bukan gabah padi biasa yang untuk konsumsi Manusia. Jenis gabah yang sering digunakan untuk pakan burung Perkutut adalah gabah bangkok yang ukuranya jauh lebih kecil dari gabah biasa dengan bentuk agak bulat / oval.

Ada dua jenis gabah bangkok yang biasa digunakan untuk pakan burung Perkutut, yaitu:

- Gabah bangkok merah

Sesuai dengan namanya, gabah ini isinya berwarna merah dan ukurannya lebih besar dari gabah bangkok putih. Gabah bangkok merah cocok dikonsumsi burung Perkutut yang ditangkarkan karena memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

- Gabah bangkok putih

Gabah ini isinya berwarna putih dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari gabah bangkok merah. Biasanya gabah bangkok putih banyak digunakan untuk pakan Perkutut anggungan dan Perkutut lomba.

Baca juga: Cara efektif untuk menjinakkan dan melatih Perkutut lomba

3. Jewawut

Jewawut memiliki bentuk yang mirip dengan milet tapi warnaya oranye dan tekstur kulitnya agak kasar. Jewawut sangat bagus diberikan pada burung Perkutut yang diternakkan.

Untuk indukan Perkutut yang sedang mengerami telurnya atau yang sedang meloloh piyikan sebaiknya diberikan pakan jewawut secara rutin karena selain kandungan proteinnya yang tinggi, jewawut juga bermanfaat untuk mengurangi resiko indukan terserang penyakit kejang-kejang yang bisa berujung pada kematian pada saat mengerami telur.

Selain itu, jewawut juga perlu diberikan pada piyikan Perkutut yang sudah berusia 2 - 5 bulan atau diberikan pada burung Puter yang menjadi induk asuh / baby sitter yang sedang meloloh piyikan Perkutut agar piyik / anakan Perkutut lebih sehat dan cepat besar.

4. Ketan hitam

Burung Perkutut sebetulnya kurang menyukai ketan hitam, tapi hal itu bisa di akali dengan cara menumbuk ketan hitam menjadi butiran-butiran kecil kemudian dicampurkan dengan pakan biji-bijian lainnya agar Perkutut mau memakannya.

Ketan hitam sangat bagus diberikan pada burung Perkutut ketika cuaca dingin / musim hujan karena manfaatnya untuk menghangatkan tubuh burung Perkutut.

Tapi walaupun bermanfaat, jika diberikan dengan porsi yang berlebihan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan rusaknya suara burung Perkutut dan juga dapat menyebabkan bulu-bulu burung Perkutut menjadi mudah rontok.

5. Godem

Godem memiliki bentuk yang mirip dengan jewawut, tapi tekstur kulitnya lebih halus dan mengkilap. Godem memiliki manfaat yang hampir sama dengan ketan hitam, yaitu untuk menghangatkan tubuh burung Perkutut dan juga untuk membuat burung Perkutut lebih rajin bunyi / manggung.

Tapi jika Godem diberikan secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan suara burung Perkutut menjadi rusak.

6. Beras merah

Beras merah memang tidak lazim digunakan sebagai pakan burung Perkutut. Tapi tidak jarang para peternak menggunakan beras merah sebagai tambahan pakan untuk burung Perkutut yang ditangkarkan karena kandungan vitamin E dalam beras merah termasuk cukup tinggi dan bermanfaat untuk memacu produktivitas indukan burung Perkutut.

Baca juga: Cara paling efektif untuk menyilangkan Perkutut lokal dan Perkutut bangkok

Demikian sedikit informasi tentang jenis pakan yang bagus untuk burung Perkutut serta manfaatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Jenis pakan yang bagus untuk burung Perkutut serta manfaatnya"