Cara melatih burung bakalan agar mau mandi keramba

Jika kita membeli burung bahan/bakalan, tentunya burung tersebut belum terbiasa mandi dikeramba dan harus dilatih dulu agar mau masuk dan mandi didalam keramba.

Mandi memang menjadi salah satu bagian penting dari perawatan burung kicau karena berhubungan dengan kesehatan dan keindahan bulu-bulu burung serta untuk mengontrol tingkat birahi dan emosi burung, terutama untuk burung-burung lomba.

Perawatan mandi memang bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau bisa juga dengan menyediakan cepuk didalam kandang burung, tapi kedua cara tersebut bukan merupakan cara terbaik dalam memandikan burung, karena jika menggunakan sprayer dapat menyebabkan burung stres, dan jika menggunakan cepuk maka burung tidak bisa leluasa untuk mandi.

Burung yang belum terbiasa mandi dikeramba biasanya akan sulit dimasukkan kedalam keramba dan akan loncat-loncat ketakutan ketika kandangnya ditempelkan dengan keramba.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih burung agar mau mandi dikeramba:

• Cara pertama:

Tempelkan kandang burung dengan keramba yang sudah di isi air dengan masing-masing pintunya terbuka dengan posisi sejajar. Kemudian semprot burung menggunakan sprayer secara halus pada bagian punggung dan sayapnya agar burung meloncat masuk ke dalam keramba.

Lakukan cara ini dengan sabar sampai burung mau masuk kedalam keramba. Setelah burung masuk kedalam keramba, kemudian semprot bulu-bulunya sampai setengah basah untuk memancingnya agar mandi.

Pantau dari kejauhan agar burung merasa nyaman dan mau mandi didalam keramba, tapi kalau burung belum juga mau mandi sebaiknya jangan dipaksa. Lakukan cara tersebut sampai burung terbiasa keluar masuk keramba dan mau mandi didalamnya.

• Cara kedua:

Jika dengan cara di atas burung belum juga mau masuk kedalam keramba, maka kita bisa menggunakan jangkrik dan ulat hongkong (UH) untuk memancingnya agar masuk kedalam keramba.

Caranya yaitu dengan tidak memberikan Ekstra fooding (EF) pada burung selama setengah hari agar burung merasa lapar. Letakkan beberapa ekor jangkrik dan ulat hongkong (UH) yang masih hidup kedalam bak keramba yang tidak berisi air kemudian tempelkan kandangnya dengan keramba dengan membuka masing-masing pintunya pada posisi sejajar agar burung masuk kedalam keramba untuk memakan jangkrik dan ulat hongkong (UH).

Setelah burung masuk kedalam keramba, segera tutup pintu keramba dan biarkan burung memakan jangkrik dan ulat hongkong (UH) yang kita sediakan terlebih dulu sampai burung terlihat nyaman.

Setelah burung terlihat nyaman, bak keramba bisa mulai di isi air menggunakan selang kemudian semprot burung menggunakan sprayer sampai setengah basah untuk memancingnya agar mau mandi.

Biasanya dalam beberapa hari burung sudah terbiasa keluar masuk keramba untuk mandi. Jangan memaksakan burung untuk mandi dikeramba dengan cara yang kasar atau menakutinya dengan sesuatu yang membuat burung ketakutan dan lari masuk ke dalam karamba, karena hal itu justru akan membuat burung menjadi stres atau bahkan trauma dan takut ketika melihat kita.

• Cara ketiga:

Jika dengan cara kedua burung tetap tidak mau masuk kedalam keramba, maka kita bisa mencoba dengan mengerodong kandangnya lalu ditempelkan dengan keramba dengan posisi masing-masing pintu terbuka secara sejajar.

Biasanya burung lebih menyukai suasana yang lebih terang, karena itu dengan mengerodong kandangnya akan membuat burung berpindah masuk kedalam keramba.

Setalah burung masuk ke dalam keramba, segera tutup pintu keramba. Pantau burung dari kejauhan, tapi usahakan agar kondisi disekitar burung dalam keadaan tenang tanpa gangguan yang bisa membuat burung menjadi takut.

Setelah burung terlihat tenang, kemudian semprot bulu-bulunya sampai setengah basah untuk memancingnya agar mau mandi. Letakkan keramba ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung agar burung merasa gerah dan ingin mandi.

Baca juga:

Beberapa perilaku negatif Murai Batu saat dilapangan

Cara melepas sisik/deker pada kaki burung yang sudah tua

Cara mengobati burung yang kena penyakit tetelo

Demikian sedikit informasi tentang "Cara melatih burung bakalan agar mau mandi keramba". Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer mandi keramba