Advertisement

Cara melepas sisik/deker pada kaki burung yang sudah tua

Semakin tua usia seekor burung yang dipelihara didalam kandang, maka sisik kakinya akan semakin tebal karena selama bertahun-tahun sisik akan terus menumpuk atau sering disebut "medang".

Sebetulnya kaki burung yang medang tidak berpengaruh pada performa burung, kecuali untuk burung yang memakai ring tentunya akan beresiko karena jika sisik kakinya semakin tebal maka ring tersebut akan semakin sempit dan menjepit kaki burung.

Jika hanya didiamkan saja dengan kondisi sisik kaki yang semakin lama semakin tebal (medang), maka ring tersebut akan menjepit dan membuat kaki burung menjadi sakit. Akibatnya burung menjadi malas bunyi karena merasa kesakitan dan lebih sering mematuki ring dikakinya.

Kalau sudah begitu sebaiknya ring tersebut harus dilepaskan dari kaki burung. Cara melepasnya bisa dengan memotong ring menggunakan tang potong atau gergaji besi secara hati-hati agar tidak menyakiti kaki burung.

Walaupun tidak berpengaruh pada performa burung, namun sisik kaki yang terlalu tebal akan membuat penampilan burung menjadi kurang menarik.

Sisik/deker pada kaki burung sebetulnya bisa dilepas/dikelupas, tapi tentunya sangat beresiko, apalagi untuk burung yang sudah jadi (gacor), karena jika cara melepasnya tidak benar bisa menyakiti burung dan bisa membuat burung menjadi stres bahkan macet bunyi.

Selain itu, jika saat melepas sisik kakinya sampai menyakiti burung, resikonya burung yang tadinya jinak bisa berubah menjadi giras karena merasa trauma dan bahkan ketakutan jika melihat kita.

Berikut ini beberapa cara untuk melepas sisik/deker pada kaki burung dengan mudah:

• Menggunakan air hangat dicampur garam

Pegang burung dan rendam kakinya dengan air hangat yang telah dicampur garam secukupnya. Setelah sisik kakinya terlihat agak melunak/lembek, baru dilepaskan secara perlahan dan hati-hati agar jaringan kulit yang sehat tidak ikut terkelupas. Jika saat dicabut sisik kakinya masih terasa keras, sebaiknya kaki burung direndam lagi sampai sisik bisa dilepaskan/terkelupas dengan mudah.

Setelah sisik kakinya terlepas/terkelupas kemudian bersihkan sisik-sisik yang masih tersisa dan sisik-sisik pada jari-jarinya secara perlahan sampai benar-benar bersih.

Setelah sisik-sisik tuanya terlepas semua lalu bersihkan kaki burung dengan air bersih dan dilap sampai kering kemudian di olesi dengan minyak tawon.

• Menggunakan minyak tawon

Selain dengan cara di atas, sisik pada kaki burung yang medang bisa dilepaskan menggunakan minyak tawon. Caranya dengan mengoleskan minyak tawon pada kaki burung yang medang.

Tapi jika menggunakan cara ini sisik kaki burung yang medang tidak bisa langsung terlepas, karena harus di olesi beberapa kali dan biasanya dalam beberapa hari sisik kakinya akan terlepas dengan sendirinya, atau dilepas sendiri oleh burung dengan cara dipatuki karena sisik kakinya sudah rapuh akibat efek dari minyak tawon.

Selain sisik kakinya tidak bisa langsung terlepas, cara ini juga lebih berpotensi membuat burung menjadi stres karena harus ditangkap dan dipegang berkali-kali untuk megoleskan minyak tawon pada kakinya yang medang.

Setelah proses pelepasan sisik tersebut biasanya burung akan sedikit stres dan tidak mau berkicau selama beberapa hari. Agar burung tidak stres berkepanjangan sebaiknya burung diberikan full Ekstra fooding (EF) dan disendirikan selama beberapa hari sampai kondisinya pulih dan kembali gacor.

Baca juga:

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan Lovebird

Cara mengobati burung yang kena penyakit tetelo

Cara mengobati kaki Kenari yang bengkak dan jamuran

Demikian sedikit informasi tentang "Cara melepas sisik/deker pada kaki burung yang sudah tua". Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Jalak Suren Lokal (kaki medang/ndeker)

Ikuti Kami Via Email