Advertisement

Cara merawat Tengkek Raja Udang untuk masteran

Tengkek Raja Udang atau di Jawa biasa disebut juga sebagai Tengkek Buto populasinya di alam bebas masih cukup banyak karena kurang begitu diminati sehingga tidak banyak orang yang memburunya.

Suara Tengkek Raja Udang yang kasar dan keras memang tidak enak untuk didengarkan dirumah. Hal itulah yang membuat burung ini jarang dipelihara oleh para Kicau Mania. Selain karena suaranya yang tidak merdu, alasan lainnya kenapa burung ini kurang diminati yaitu kerena makannya yang rakus dan jorok.

Tapi sebetulnya suara Tengkek Raja Udang cukup bagus untuk masteran burung-burung lomba karena burung ini memiliki beberapa variasi suara yang didominasi suara tembakan-tembakan kasar yang akan terdengar menonjol jika dinyanyikan oleh burung lain.

Burung ini bisa cepat bunyi jika dirawat dari anakan, dan perawatannya juga termasuk mudah karena burung ini cukup diberikan voer ayam saja akan tetap lahap dimakan asalkan dibiasakan sejak lolohan.

Perawatan harian Tengkek Raja Udang agar rajin bunyi dan gacor:

• Setiap hari kandangnya dibersihkan karena burung ini memang termasuk jorok. Karena makannya sangat banyak, jadi kotorannya juga banyak dan suka main air dicepuknya sehingga membuat kandangnya menjadi becek dan kotor.

• Berikan voer dengan porsi yang cukup banyak  karena burung ini makannya sangat rakus, agar lebih irit bisa menggunakan voer ayam. Air minum diganti setiap hari dengan yang bersih karena biasanya burung ini suka mengotori tempat minumnya.

• Mandikan burung setiap hari agar bulu-bulunya bersih dan agar burung selalu sehat. Karena di alam bebas burung ini menyukai tempat-tempat seperti sungai dan persawahan untuk mencari makan berupa ikan-ikan kecil, udang, katak kecil, cacing dan binatang-binatang air lainnya.

• Setelah selesai dimandikan, kemudian berikan Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik dan ulat hongkong (UH), atau kalau ada berikan pakan berupa ikan kecil, udang, cacing, atau katak kecil lebih bagus karena merupakan pakan alami burung ini di alam bebas.

• Setelah itu burung dijemur selama dua jam. Dan setelah selesai dijemur gantang burung ditempat yang teduh dan siap menjadi guru vokal bagi burung-burung lainnya.

• Sore harinya usahakan kandangnya kembali dibersihkan jika burung diletakkan didalam rumah agar tidak bau.

• Berikan Ekstra fooding (EF) lagi dan air minumnya juga diganti dengan yang bersih.

Baca juga:

Perawatan harian burung Srigunting agar rajin bunyi dan cepat gacor

Tips perawatan burung Pelatuk Bawang agar gacor untuk masteran

Perawatan burung Cililin agar sehat dan rajin bunyi/gacor

Demikian sedikit informasi tentang "Cara merawat Tengkek Raja Udang untuk masteran". Untuk informasi lain seputar burung Tengkek, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Tengkek Raja Udang/Tengkek Buto (Jawa)