Advertisement

Cara mudah melepas ring pada kaki burung

Ring yang terpasang pada kaki burung adalah identitas seekor burung dari peternakan yang dipasang ketika burung masih berusia 6-12 hari, karena pada usia teraebut kaki anakan burung masih berukuran kecil dan lentur sehingga lebih mudah dipasang ring sebagai tanda pengenalnya.

Tapi sayangnya ring tersebut sering menjadi masalah dikemudian hari, terutama setelah burung yang memakai ring tersebut berusia tua dan mengalami perubahan pada bentuk dan ukuran kakinya yang biasanya menjadi lebih besar karena tumbuhnya sisik kaki yang tebal atau biasa disebut "medang".

Kaki burung yang medang menyebabkan ring menjadi sempit dan lama kelamaan akan membuat kaki burung menjadi sakit, bahkan jika terus dibiarkan burung tersebut bisa mengalami infeksi dan bisa sampai mengalami cacat fisik.

Untuk melepasnya, maka ring yang terpasang pada kaki burung harus dipotong, karena rata-rata peternak menggunakan "closed ring" sebagai identitas peternakannya.

Untuk memotong ring pada kaki burung harus dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai kaki burung dan menimbulkan masalah baru. Untuk itu diperlukan ketelitian dan pengetahuan tentang cara memotong ring pada kaki burung secara tepat.

Sebelum memotong ring tersebut, sebaiknya kita periksa dulu jenis ring yang digunakan, karena ada beberapa jenis ring yang umum digunakan oleh para peternak untuk memberikan identitas pada burung hasil penangkarannya, yaitu closed ring (ring biasa) dan open ring (ring yang bisa dibuka dan biasa dipasang pada burung dewasa).

Dengan mengetahui jenis ring yang digunakan, maka kita bisa menggunakan alat yang tepat untuk melepaskan ring tersebut dari kaki burung.

Untuk memotong ring pada kaki burung, kita bisa menggunakan peralatan khusus yang memang dibuat khusus untuk memotong ring burung, terutama untuk jenis closed ring (ring biasa). Alat tersebut adalah "Ring Cutter", bentuknya seperti gunting/tang dengan bagian ujungnya tajam yang dapat memotong ring yang terbuat dari bahan alumunium.

Ring Cutter bisa dibeli di kios-kios perlengkapan burung atau bisa juga dibeli secara online. Tapi jika kita tidak memiliki Ring Cutter, maka kita bisa menggunakan kikir atau gergaji besi untuk memotongnya.

Jika kita menggunakan kikir atau gergaji besi untuk memotong ring, sebaiknya kaki burung terlebih dulu dibalut menggunakan plester atau solatip kalau ring tersebut masih longgar. caranya dengan menarik ring ke atas sampai pada lutut burung kemudian ditempel plester atau solatip untuk melindungi kakinya agar tidak terkena kikir.

Pemotongan ring menggunakan kikir dilakukan dalam posisi vertikal, dengan memegang tubuh burung dengan erat agar tidak terlepas. Setelah terasa nyaman, kemudian ring mulai kita kikir atau di gergaji dengan hati-hati. Gunakan kikir atau gergaji besi yang masih baru (tajam) agar proses pemotongan ring lebih cepat.

Proses pemotongan ring sebaiknya dilakukan secara bertahap sedikit demi sedikit diselingi istirahat selama beberapa menit agar ring tidak menjadi panas karena terus-menerus bergesekan dengan kikir atau gergaji besi, atau bisa juga dengan meneteskan air pada ring tersebut agar tidak panas akibat gesekan dengan kikir.

Setelah ring pada kaki burung sudah terpotong sebagian, kita bisa menggunakan peralatan khusus untuk mencongkel ring dari kaki burung atau merentangkannya menggunakan tang agar bisa terlepas. Tapi kalau masih sulit untuk dilepaskan, kita bisa melakukan pemotongan lagi menggunakan kikir atau gergaji besi dari sisi berlawanan dari ring yang sudah terpotong tadi sampai ring terpotong menjadi dua bagian.

Proses pemotongan ring menggunakan kikir atau gergaji besi sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan jangan tergesa-gesa, karena jika sampai meleset sedikit saja maka kaki burung bisa tergores dan terluka.

Setelah ring terlepas, kemudian plester dilepas dan kaki burung dicuci sampai bersih menggunakan air hangat lalu diolesi minyak tawon sampai merata.

Setelah itu burung dimasukkan kembali ke dalam kandangnya dan digantang di tempat yang sepi agar burung merasa nyaman dan tidak stres. Berikan Ekstra fooding (EF) dalam jumlah yang banyak agar burung merasa senang dan kondisinya cepat pulih.

Baca juga:

Cara melepas sisik/deker pada kaki burung yang sudah tua

Cara mengobati kaki Kenari yang bengkak dan jamuran

Cara melatih burung bakalan agar mau mandi keramba

Demikian sedikit informasi tentang "Cara mudah melepas ring pada kaki burung". Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ring Cutter (alat pemotong ring/cincin)

Ikuti Kami Lewat Email