Ciri-ciri perbedaan Beo jantan dan Betina

Burung Beo memang tidak sepopuler burung kicauan jenis lainnya seperti Murai Batu (MB), Cucak ijo (CI), Lovebird (LB) dan lainnya. Tapi hingga saat ini burung Beo masih tetap memiliki penggemar fanatik yang tetap setia memelihara burung cerdas ini.

Rata-rata penggemar burung Beo memelihara burung ini untuk dilatih bicara atau agar bisa menirukan kata-kata manusia. Burung Beo memang terkenal dengan kecerdasannya dalam menirukan kata-kata manusia atau suara-suara lain yang sering didengarnya. Hal itulah yang membuat burung Beo memiliki keunikan tersendiri dibanding burung-burung jenis lainnya.

Agar lebih mudah dilatih bicara/menirukan kata-kata manusia, sebaiknya pilihlah burung Beo yang masih berusia muda dan usahakan yang berjenis kelamin betina, karena Beo betina memiliki kemampuan lebih baik dalam menirukan suara-suara masteran atau yang sering didengarnya. Sedangkan Beo jantan memiliki kelebihan pada volume suaranya yang lebih keras, namun sulit untuk dilatih bicara/menirukan suara manusia.

Tapi sayangnya tidak mudah untuk membedakan jenis kelamin burung Beo, apalagi jika hanya ada satu burung Beo saja tanpa perbandingan atau tidak berpasangan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Beo jantan dan betina:

• Postur tubuh Beo betina lebih besar dari Beo jantan.

• Nafsu makan Beo betina juga lebih besar (rakus) dari Beo jantan.

• Pada saat berdiri Beo betina akan tampak lebih tegak dan gagah dengan mengangkat kepalanya, sedangkan Beo jantan ketika berdiri tampak membungkuk dan terlihat lesu.

• Kepala Beo betina tampak lebih kecil dengan bentuk membulat dan panjang (lonjong), sedangkan kepala Beo jantan tampak lebih besar dengan bentuk kotak/papak.

• Beo betina lebih aktif bergerak, sedangkan Beo jantan cenderung pasif (tidak banyak bergerak).

• Paruh Beo betina lebih panjang dan ramping, sedangkan paruh Beo jantan tampak lebih pendek dan besar.

• Jengger Beo betina bentuknya lebih rapi dan simetris, sedangkan jengger Beo jantan bentuknya tidak teratur.

• Beo betina lebih cerdas dalam menirukan kata-kata manusia atau suara-suara lain yang sering didengarnya.

• Beo jantan memiliki volume suara yang lebih keras dari Beo betina, namun sulit untuk dilatih bicara.

Baca juga:

Cara mudah melepas ring pada kaki burung

Cara melatih burung bakalan agar mau mandi keramba

Ciri-ciri perbedaan burung Kepodang jantan dan betina

Demikian sedikit informasi tentang "Ciri-ciri perbedaan Beo jantan dan betina". Untuk informasi lain seputar burung Beo, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Beo jantan dan betina