Advertisement

Faktor penyebab telur Lovebird kosong serta solusi untuk mengatasinya

Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan dalam beternak Lovebird (LB), salah satu faktor yang paling banyak di alami oleh para breeder yaitu telur Lovebird tidak isi.

Sering kali para peternak Lovebird (LB) kecewa karena setelah menunggu indukan mengerami telurnya selama sekitar 23 hari tapi ternyata telur tidak menetas (zonk).

Faktor penyebab telur Lovebird (LB) kosong:

• Induk Lovebird (LB) betina kekurangan nutrisi

Ketika proses perkawinan terjadi bisa saja indukan Lovebird (LB) kekurangan nutrisi tambahan seperti lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Hal ini yang menyebabkan embrio telur mengalami kerusakan.

• Pasangan indukan Lovebird (LB) mandul (infertil)

Salah satu atau kedua indukan Lovebird (LB) ada yang memiliki garis keturunan atau genetik mandul, karena itu walaupun pasangan indukan Lovebird melakukan perkawinan berulang kali tapi tidak akan bisa menghasilkan telur yang berembrio.

• Pasangan indukan Lovebird (LB) sesama jenis

Normalnya perkawinan yang terjadi antara Lovebird (LB) jantan dan betina yaitu posisi jantan akan selalu ada diatas dan betina ada dibawah. Proses perkawinan bisa berlangsung selama 1 menit bahkan bisa lebih, tapi jika keduanya melakukan perkawinan secara bergantian maka bisa dipastikan jika pasangan Lovebird tersebut adalah sesama jenis.

Solusi agar telur Lovebird (LB) isi:

• Pasangan indukan Lovebird (LB) harus jantan dan betina

Untuk dapat memproduksi telur yang fertil, maka indukan Lovebird (LB) harus berbeda jenis kelamin. Kesehatan indukan Lovebird dan faktor genetik menjadi kunci utama keberhasilan telur yang berembrio.

• Berikan pakan dan vitamin yang berkualitas

Pada saat proses perkawinan, kita harus memberikan pakan dan Ekstra fooding (EF) yang bernutrisi serta vitamin penunjang bagi kesuburan breeding Lovebird (LB) kita. Berikan vitamin A dan vitamin E yang merupakan pendukung kesuburan indukan Lovebird.

• Kebersihan kandang ternak

Kebersihan kandang memang terlihat sepele tapi dapat berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan Lovebird (LB), karena kandang yang selalu dalam kondisi bersih akan membuat produksi telur Lovebird menjadi semakin bagus.

Jika kondisi kandang selalu bersih, maka akan terbebas dari serangan virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan Lovebird (LB) dan akan mempengaruhi produksi telur Lovebird.

Baca juga:

Tips agar Lovebird cepat produk

Perbedaan Lovebird Josan dan Lovebird Dark green

Cara merawat Lovebird muda agar rajin ngekek

Demikian sedikit informasi tentang "Faktor penyebab telur Lovebird kosong serta solusi untuk mengatasinya". Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Telur Lovebird (LB) zonk

Ikuti Kami Lewat Email