Advertisement

Pakan terbaik untuk Lovebird agar sehat dan rajin ngekek

Pakan adalah hal yang wajib dalam pola perawatan Lovebird (LB), karena Makanan adalah sumber tenaga untuk kelangsungan hidup Lovebird dan sangat berpengaruh pada performanya.

Pakan yang tepat dan berkualitas tentu akan menjadikan Lovebird (LB) sehat dan cerewet serta rajin ngekek. Oleh karena itu, kita sebagai perawatnya harus paham tentang pakan Lovebird yang bagus kandungan gizinya dan apa manfaatnya untuk Lovebird, serta dampak positif dan negatifnya pada Lovebird.

Pakan untuk Lovebird (LB) dibagi menjadi dua kategori, yaitu makanan pokok dan makanan tambahan/Ekstra fooding (EF). Makanan pokok adalah pakan yang wajib diberikan setiap hari, sedangkan Ekstra fooding (EF) adalah pakan yang diberikan hanya jika dibutuhkan saja atau sebagai pakan tambahan saja.

Pakan utama untuk Lovebird (LB):

• Milet

Milet sudah umum digunakan untuk pakan burung-burung pemakan biji-bijian seperti Kenari, Lovebird, Blackthroat, dan burung-burung pemakan biji-bijian lainnya.

Ada dua jenis milet yaitu warna putih dan warna merah yang bisa diberikan dengan dicampur atau salah satu, tergantung kebiasaan Lovebird (LB). Milet merah biasanya digunakan untuk menjaga kestabilan birahi (menurunkan birahi), sedangkan milet putih cenderung netral.

Milet dapat diberikan setiap hari pada Lovebird (LB) karena merupakan pakan utama/pokok untuk Lovebird.

• Canary Seed

Canary seed juga bisa diberikan pada Lovebird (LB) sebagai campuran untuk milet. Canary seed memiliki kandungan protein, asam amino cystine, trytophan, dan phenylalanine, sehingga sangat bagus diberikan pada Lovebird, terutama yang diternakkan.

Canary seed yang bagus yaitu yang sudah agak tua dengan ciri-ciri warnanya sedikit gelap dan isinya padat. Akan tetapi biasanya Lovebird (LB) tidak suka mengkonsumsi canary seed, dan harus dibiasakan dulu agar mau memakannya.

• Jewawut

Jewawut sangat bagus jika diberikan pada Lovebird (LB) yang ditangkarkan karena jewawut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan zat kapur sebagi bahan untuk pembentukan cangkang telur.

Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB):

• Jagung manis

Jagung manis yang masih muda selama ini memang sudah umum digunakan sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB). Manfaatnya untuk untuk meningkatkan birahi Lovebird.

• Kangkung

Kangkung juga sudah umum digunakan sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB), baik itu Lovebird lomba maupun Lovebird ternak. Kngkung bermanfaat sebagai sumber kalsium dan untuk meningkatkan birahi Lovebird serta untuk membuat Lovebird lebih tenang.

• Taoge

Taoge atau kecambah juga bisa diberikan pada Lovebird (LB) sebagai pakan tambahan atau sebagai selingan dengan jenis pakan yang lain. Taoge sangat bagus diberikan pada Lovebird yang ditangkarkan.

• Biji kwaci

Biji kwaci bermanfaat untuk meningkatkan birahi pada Lovebird (LB), tapi kandungan lemaknya yang tinggi dapat menyebabkan Lovebird mengalami kegemukan/obesitas, oleh karena itu pemberian biji kwaci sebaiknya jangan terlalu berlebihan.

Biji kwaci sangat bagus diberikan pada Lovebird (LB) yang kurang birahi dan Lovebird yang badannya kurus (nyilet).

• Tulang sotong

Tulang sotong bisa diberikan pada Lovebird (LB) sebagai sumber mineral dan kalsium. Selain itu tulang sotong juga bermanfaat untuk mengasah paruh Lovebird dan juga untuk membantu proses pencernaan makanan.

Tulang sotong sangat bagus diberikan pada Lovebird (LB), terutama yang diternakkan sebagai bahan pembentukan cangkang telur.

• Sawi putih

Sawi putih juga biasa digunakan sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB) karena bermanfaat untuk melancarkan pencernaan Lovebird dan untuk melengkapi kebutuhan vitamin Lovebird.

Pakan yang bagus adalah pakan yang kandungan gizinya seimbang, yaitu tidak hanya diberikan satu jenis pakan saja tapi beberapa jenis pakan seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan agar Lovebird (LB) tidak bosan dan terpenuhi nutrisinya.

Berikan Lovebird (LB) pakan yang tepat sesuai kebutuhannya, misalnya saja:

- Jika Lovebird (LB) dalam kondisi kurang birahi maka kita berikan pakan yang dapat meningkatkan birahinya.

- Jika Lovebird (LB) dalam kondisi over birahi (OB) maka kita harus memberikan pakan yang dapat menurunkan tingkat birahinya.

- Jika Lovebird (LB) akan diternak maka kita berikan jenis pakan yang mengandung vitamin E.

Baca juga:

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan Lovebird

Penyebab Lovebird tidak mau kawin dan cara mengatasinya

Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur

Demikian sedikit informasi tentang "Pakan terbaik untuk Lovebird agar sehat dan rajin ngekek". Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pakan dan Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB)

Ikuti Kami Lewat Email