Advertisement

Perawatan harian burung Srigunting agar rajin bunyi dan cepat gacor

Burung Srigunting termasuk sebagai burung predator yang ganas dan lihai dalam berburu mangsa. Burung ini juga termasuk cerdas karena bisa menirukan suara kicauan burung lainnya dengan fasih.

Karakter Srigunting mirip dengan Cendet/Pentet, yaitu sebagai burung predator yang ganas dan suara kicauannya sebagian besar adalah suara isian.

Walaupun tidak sepopuler Cendet/Pentet namun Srigunting masih tetap memiliki penggemar hingga saat ini. Burung Srigunting memiliki ciri khas pada bulu ekornya yang panjang dan bercabang seperti gunting dengan warna bulu tubuhnya hitam legam menjadikan burung ini terkesan galak dan sangar.

Walaupun tampak sangar, tapi ketika sudah jadi/gacor suara kicauannya cukup bagus dan bervariasi tergantung masterannya. Seperti halnya Cendet/Pentet suara kicauan Srigunting tergantung dari suara masteran yang selama ini direkamnya.

Dibeberapa daerah Srigunting memiliki beberapa nama yang berbeda, ada yang menyebut burung ini dengan nama Jekikut, Detitong dan lainnya.

Perawatan burung Srigunting agar cepat gacor:

• Di alam bebas, Srigunting sering memakan serangga dan binatang-binatang kecil seperti: jangkrik, belalang, ulat, cicak, kadal, katak, kelabang dan binatang-binatang lainnya. Karena itu, setelah kita pelihara sebisa mungkin menu pakannya tidak jauh berbeda dengan pakan alaminya di alam bebas. Selain voer sebagai pakan utamanya, Srigunting harus diberikan Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong (UH) dan kroto setiap hari agar burung selalu sehat dan rajin berkicau.

• Agar lebih cepat jinak dan berani berkicau walaupun ada orang disekitarnya, sebaiknya burung Srigunting digantang ditempat yang ramai aktivitas Manusia dengan posisi yang rendah.

• Embunkan burung setiap pagi untuk menghirup udara segar. Pada saat di embunkan berikan jangkrik sebanyak 2 ekor dan ulat hongkong (UH) sebanyak 7 ekor.

• Mandikan burung Srigunting setiap hari agar lebih cepat jinak dan agar bulu-bulunya bersih mengkilap. Untuk mandi bisa dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau mandi keramba.

• Setelah dimandikan, berikan jangkrik sebanyak 5 ekor lalu burung di angin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya baru kemudian dijemur selama dua jam.

• Setelah selesai dijemur, gantang burung ditempat yang teduh bersama burung-burung masterannya. Pada siang hari burung Srigunting tidak perlu dikerodong agar rajin berkicau dan terbiasa dengan lingkungan sekitarnya.

• Pada sore harinya berikan lagi jangkrik sebanyak 5 ekor dan ulat hongkong (UH) sebanyak 7 ekor lalu burung dikerodong dan bisa dimasteri untuk menambah variasi kicauannya.

• Kroto bisa diberikan seminggu sekali untuk menjaga vitalitasnya dan untuk menaikkan birahinya sehingga burung Srigunting lebih cepat gacor. Selain kroto, berikan juga vitamin khusus untuk burung kicau seminggu sekali yang diteteskan pada air minumnya.

Baca juga:

Cara melatih burung bakalan agar mau mandi keramba

Kelebihan Cendet kepala hitam dibanding Cendet topeng dan Cendet semi

Ciri-ciri perbedaan Cucak Keling jantan dan betina

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan harian burung Srigunting agar rajin bunyi dan cepat gacor". Untuk informasi lain seputar burung Srigunting, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Srigunting

Ikuti Kami Via Email