Advertisement

Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur

Bagi para peternak Lovebird (LB) pemula mungkin banyak kendala yang sering dihadapi dari mulai membedaan jenis kelamin kedua indukan, proses perjodohan, indukan tidak mau kawin, indukan tidak juga bertelur, telur tidak menetas, dan masih banyak permasalahan-permasalahan lainnya.

Semua permasalahan tersebut adalah proses dalam belajar menangkarkan Lovebird (LB), dan mungkin semua breeder pernah mengalami permasalahan-permasalahan tersebut pada awal-awal memulai usahanya.

Agar dapat sukses beternak Lovebird (LB) kita memang harus jeli melihat kondisi Lovebird yang kita ternak agar segera dapat dicari solusinya jika terjadi masalah, termasuk mempersiapkan semua keperluan indukan Lovebird pada saat akan bertelur, karena ini merupakan tahap awal dari keberhasilan ternak Lovebird kita.

Perilaku Lovebird (LB) betina yang mulai akan bertelur:

Lovebird (LB) betina yang akan bertelur dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang tampak lebih besar/gemuk dan juga terlihat dari perilakunya yang selalu gelisah dan bersuara keras.

Jika Lovebird (LB) betina sudah menunjukkan perilaku seperti itu, kita bisa mencoba memasukan selembar kertas koran/tisu kedalam kandangnya, jika Lovebird betina mulai menyobek-nyobek kertas koran/tisu tersebut dan menyelipkan pada sayapnya maka bisa dipastikan kalau indukan Lovebird betina akan mulai bertelur.

Setelah pasangan Lovebird (LB) melakukan perkawinan, dalam waktu 10 hari kedepan biasanya Lovebird betina sudah mulai memproduksi telur. Telur akan keluar satu persatu dengan jeda antara 1-3 hari untuk mengeluarkan telur berikutnya.

Ciri-ciri Lovebird (LB) betina akan bertelur:

• Lovebird (LB) betina akan mulai ngunjal atau membuat sangkar dengan menggunakan sobekan-sobekan kertas, daun cemara, serpihan kayu, atau serabut kelapa yang kita berikan.

• Lovebird (LB) betina akan lebih sering berada didalam kotak glodok.

• Jika dilihat, bagian anus/alat kelamin Lovebird (LB) betina tampak membengkak.

• Jika diperhatikan, nafasnya terdengar lebih berat.

Perawatan pada saat indukan Lovebird (LB) akan bertelur:

• Pada saat akan bertelur, Lovebird (LB) betina membutuhkan lebih banyak asupan kalsium untuk proses pembentukan cangkang telur. Karena itu kita harus memberikan vitamin atau tulang sontong sebagai penambah asupan kalsium agar Lovebird dapat menghasilkan telur yang bagus.

• Pada masa ini, jangan dulu membuka kotak glodok agar indukan betina lebih fokus dalam bertelur, tapu tetap harus selalu dicek perkembangannya sampai Lovebird (LB) mengerami telurnya.

Baca juga:

Faktor penyebab telur Lovebird kosong serta solusi untuk mengatasinya

Tips agar Lovebird cepat produk

Perawatan tepat untuk Lovebird mabung/ngurak

Demikian sedikit informasi tentang "Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur". Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird (LB) betina sedang bertelur

Ikuti Kami Via Email