Advertisement

Tips agar Lovebird cepat produk

Dalam beternak Lovebird (LB) tentunya kita menginginkan agar indukan Lovebird yang kita ternak cepat bertelur dan menghasilkan banyak anakan.

Tapi kadang apa yang kita harapkan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan, karena indukan Lovebird (LB) betina tidak kunjung bertelur padahal kedua indukan sudah terpantau kawin.

Lovebird (LB) tidak bertelur adalah masalah yang sering sekali di alami oleh para breeder pemula. Walaupun Lovebird sudah terpantau melakukan perkawinan namun setelah dinunggu selama sekitar 10 hari indukan betina tidak juga kunjung bertelur.

Berikut ini beberapa penyebab Lovebird (LB) tidak bertelur:

• Pasangan Lovebird (LB) sejenis

Gagalnya Lovebird (LB) memproduksi telur sering dikarenakan karena kedua indukan ternyata berjenis kelamin sama. Hal itu sering terjadi karena Lovebird merupakan jenis burung monomorfik, yaitu antara jantan dan betina memiliki penampilan fisik yang serupa. Jadi walaupun kedua indukan Lovebird telihat melakukan perkawinan tapi tidak akan menghasilkan telur.

• Usia belum mapan

Usia ideal Lovebird (LB) untuk siap kawin adalah 7-12 bulan. Jika usia Lovebird belum cukup mapan dan sudah birahi/melakukan perkawinan, maka hal itu dapat membuat Lovebird bertelur tapi embrio dalam telurnya kosong.

• Egg binding

Sering juga terjadi kasus dimana indukan Lovebird (LB) tidak dapat mengeluarkan telurnya karena telur menempel pada dinding rahim Lovebird. Egg binding adalah terjadinya telur lengket karena burung tidak dapat mengeluarkan telurnya akibat postur tubuhnya yang terlalu kecil.

Hal itu bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani. Telur lengket yang tidak bisa keluar akan menyumbat saluran pembuangan yang menyebabkan kotoran burung tidak bisa keluar dan akhirnya dapat mengakibatkan kematian.

Solusi untuk indukan Lovebird (LB) yang tidak kunjung bertelur:

• Dekatkan kandangnya dengan kandang pasangan Lovebird (LB) lain.

Salah satu cara agar indukan Lovebird (LB) segera bertelur bisa dengan mendekatkan kandang Lovebird yang tidak kunjung bertelur tersebut dengan kandang Lovebird lainnya, tapi dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Suara dari pasangan Lovebird lain akan merangsang pasangan indukan Lovebird menjadi birahi dan segera melakukan perkawinan.

• Jangan terburu-buru memasang glodok

Sebaiknya jangan dulu memasang kotak glodok sebelum Lovebird (LB) terpantau melakukan perkawinan, karena jika glodok langsung dipasang dalam kandang ternak maka pasangan indukan Lovebird tidak akan fokus untuk kawin dan cenderung lebih banyak bermain-main saja seperti keluar masuk glodok.

Jika pasangan indukan Lovebird (LB) sudah terpantau melakukan perkawinan baru kotak glodok dimasukkan ke dalam kandang ternak agar indukan Lovebird bisa mulai membuat sarang.

Kotak glodok yang ideal untuk Lovebird (LB) harus memiliki lubang pintu dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh Lovebird, dan usahakan bagian dalamnya tidak terlalu sempit juga tidak terlalu luas.

Masukkan beberapa serutan kayu bersih ke dalam kotak glodok dengan ketebelan 2,5 cm. Lovebird (LB) biasanya akan mengatur ulang pembuatan sarangnya dengan membuang sebagian serutan kayu yang sudah kita sediakan.

Jangan lupa kandang juga harus selalu dibersihkan setiap hari agar Lovebird merasa nyaman.

• Pakan, Ekstra fooding (EF) dan vitamin

Pemberian pakan, Ekstra fooding (EF) dan vitamin harus dengan porsi yang tepat dan seimbang karena jika diberikan secara berlebihan dapat menyebabkan Lovebird (LB) mengalami obesitas, akibatnya Lovebird sulit produksi. Obesitas/kegemukan akan membuat Lovebird menjadi malas beraktivitas dan dapat menimbulkan egg binding.

Lovebird (LB) betina yang tidak kunjung bertelur bisa disiasati dengan perubahan menu pakan hariannya. Berikan pakan yang dapat memicu hormon Lovebird betina agar cepat bertelur, antara lain: jagung muda, tauge, biji kwaci, kangkung, dan berikan juga tulang sotong sebagai tambahan zat kapur untuk pembentukan cangkang telur.

Sebaiknya air minum, vitamin dan Ekstra fooding (EF) diganti setiap hari agar kesehatan indukan Lovebird (LB) senantiasa terjaga.

Pemberian vitamin selain bisa meningkatkan birahi indukan Lovebird (LB) juga dapat meningkatkan prosentase telur fertil dan daya tetas telur, serta dapat membantu menjaga kesehatan anakan Lovebird yang baru menetas.

• Pasang lampu full spektrum

Lampu full spektrum ultra violet adalah lampu pengganti sinar Matahari yang dapat menghasilkan cahaya terang yang mendekati spektrum sinar Matahari alami lebih dari 95%.

Lampu ini sangat ideal untuk pasangan indukan Lovebird (LB) yang membutuhkan sinar Matahari ketika ruangan dalam sangkar tidak terkena sinar Matahari secara langsung.

Baca juga:

Mengenal jenis Lovebird Non Klep

Ciri-ciri khusus Lovebird jantan dan betina

Tips dan trik menjodohkan lovebird untuk pemula

Demikian sedikit informasi tentang "Tips agar Lovebird cepat produk". Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Indukan Lovebird (LB) Batman dan Lutino