Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu

gambar burung masteran untuk murai batu
Burung-burung masteran untuk Murai Batu (MB)

Onkicau.com - Murai Batu (MB) termasuk burung yang cerdas karena bisa menirukan berbagai macam suara burung-burung lain dengan cepat dan fasih.

Pembawaan lagu-lagunya juga sangat harmonis, perpaduan antara suara alam dan suara-suara isian dapat dinyanyikan dengan begitu merdu.

Untuk Murai Batu lomba, tentunya harus memiliki suara-suara tonjolan kasar dan tajam agar lebih mudah terpantau juri. Dan agar Murai Batu memiliki suara-suara tonjolan maka harus dimaster secara intensif dengan suara-suara burung lain, baik menggunakan suara Mp3 atau menggunakan suara burung asli.

Baca juga: Cara meningkatkan volume suara Murai Batu

Berikut ini beberapa jenis burung masteran yang cocok untuk Murai Batu:

1. Cililin

Suara tembakan burung Cililin yang kasar, rapat dan tajam merupakan suara andalan bagi Murai Batu lomba, karena akan terasa kurang greget jika Murai Batu lomba tidak memiliki suara tembakan burung Cililin.

Ada dua jenis burung Cililin, yaitu Cililin coklat dan Cililin hitam, tapi burung Cililin coklat lebih banyak digunakan sebagai masteran Murai Batu karena suaranya lebih rapat dan lebih tajam dibanding burung Cililin hitam.

2. Lovebird (LB)

Lovebird (LB) merupakan salah satu burung masteran favorit untuk Murai Batu (MB). Suara ngekek panjang Lovebird mirip suara tembakan rapat burung Cililin, tapi suara Lovebird lebih berirama dengan nada naik turun sehingga akan terdengar lebih merdu dan menonjol jika dinyanyikan oleh burung Murai Batu, terutama pada saat dilombakan.

3. Tengkek Buto

Tengkek Buto juga merupakan burung masteran favorit untuk Murai Batu lapangan. Suara Tengkek Buto hampir mirip suara Lovebird (LB), hanya saja rata-rata suaranya tidak terlalu nyepeed, namun intonasinya lebih jelas atau tegas. Tapi jika sudah nyepeed, maka suara burung Tengkek Buto bisa lebih rapat dan lebih kasar dari suara burung Cililin.

4. Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Cucak Jenggot dan Kapas Tembak memiliki tipykal suara yang hampir sama, tapi kebanyakan penggemar Murai Batu lebih memilih Cucak Jenggot sebagai masteran Murai Batu miliknya karena suara besetan kasar Cucak Jenggot akan terdengar lebih gahar dan sangar jika dinyanyikan oleh Murai Batu.

Baca juga: Perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

5. Ciblek

Meskipun bertubuh kecil, tapi burung Ciblek memiliki suara kicauan yang keras dan nyaring disertai tembakan rapat yang khas atau yang biasa disebut "ngebren".

Suara ngebren burung Ciblek tersebut sangat bagus dan neken jika dinyanyikan oleh burung Murai Batu. Oleh karena itu, burung Ciblek termasuk salah satu burung masteran yang cocok untuk Murai Batu.

6. Kenari

Burung Kenari memiliki tipykal suara ngeroll panjang, dan suara ngeroll Kenari tersebut akan terdengar berbeda dan lebih bagus jika dinyanyikan oleh burung Murai Batu.

Ketika suara ngerol Kenari dipadukan dengan suara asli Murai Batu dan uara-suara isian lainnya maka akan terdengar lebih merdu dan harmonis.

Baca juga: Perawatan yang tepat untuk Murai Batu agar gacor dan bongkar isian

Demikian sedikit informasi tentang burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu"