Advertisement

Ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu fighter

Murai Batu (MB) hingga saat ini masih memiliki daya tarik tersendiri bagi para Kicau Mania, baik sebagai klangenan dirumah maupun untuk dilombakan. Hal itu terbukti dengan selalu ramainya gantangan kelas Murai Batu (MB) di setiap event lomba burung kicau maupun latber.

Jika tujuan kita memelihara Murai Batu (MB) adalah untuk dilombakan, maka kita harus memilih Murai Batu yang memiliki mental fighter tinggi. Karena modal utama seekor Murai Batu untuk dapat bertanding digantangan adalah mental yang tangguh, karena yang dihadapi di arena lomba adalah burung-burung pilihan yang kualitasnya di atas rata-rata.

Karena jika yang kita bawa ke lapangan adalah Murai Batu (MB) biasa yang bermental lemah maka akan sia-sia saja karena kita hanya akan buang-buang waktu, tenaga dan biaya tapi hasilnya burung hanya plonga-plongo di atas gantangan, padahal burung tersebut dirumah sangat gacor.

Untuk memilih bahan Murai Batu (MB) yang prospek lapangan, maka kita perlu mengetahui ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu bermental petarung.

Berikut ini ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung:

• Mata besar dan melotot dengan sorot mata tajam seolah mengintimidasi.

• Postur tubuh panjang dan ramping tapi padat berisi dengan dada lebar dan sayap yang mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya.

• Berdirinya tegak membusungkan dada seolah bersikap menantang (terlihat angkuh).

• Kakinya terlihat kokoh dengan cengkeraman yang kuat.

• Kepala besar, lonjong dan papak/cepak dengan paruh panjang dan tebal.

• Leher panjang, besar dan kokoh.

• Bulu hitam mengkilap kebiruan.

• Ekor lentur dan menyatu, tapi hal ini tidak mutlak.

• Suara cetrekan rapat, keras dan padat.

• Gerakan lincah dan selalu waspada pada setiap pergerakan kita.

• Nafsu makannya besar/rakus.

• Biasanya Murai Batu dengan karakter fighter tinggi, perilakunya cenderung lebih agresif dan sulit untuk dijinakkan (giras), walaupun sudah dirawat cukup lama tapi tetap saja glabakan ketika di angkat kandangnya, tapi ketika digantang/bertemu lawan maka Murai Batu tersebut akan langsung tarung dan tidak takut orang lagi.

Itulah beberapa ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental fighter tinggi sebagai panduan awal untuk memilih bahan/bakalan Murai Batu yang prospek lapangan. Karena Murai Batu dengan mental yang bagus lebih mudah dibentuk/dipoles daripada Murai Batu yang bermental jelek/lemah.

Karena yang pertama akan di uji dari Murai Batu (MB) lapangan adalah ketangguhan mentalnya ketika bertemu lawan, karena jika Murai Batu tersebut tidak memiliki mental fighter yang tangguh, pasti akan langsung down ketika bertemu lawan-lawannya di atas gantangan yang merupakan burung-burung terbaik dengan kualitas di atas rata-rata dari Murai Batu kebanyakan.

Jadi kesimpulannya, sebagus apapun materi lagunya, sekeras apapun volume suaranya dan sekuat apapun staminanya, akan sia-sia saja jika mental fighter dari Murai Batu tersebut tidak ada.

Baca juga:

Cara mudah melepas ring pada kaki burung

Perlakuan khusus untuk membuat Murai Batu muda lebih fighter

Cara melatih burung bakalan agar mau mandi keramba

Beberapa perilaku negatif Murai Batu saat dilapangan

Demikian sedikit informasi tentang "Ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu fighter". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB) fighter