Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor genetika sangat menentukan kualitas anakan Murai Batu

gambar trotolan murai batu fighter
Murai Batu Trotolan

Onkicau.com - Sifat-sifat genetik yang diwarisi anakan burung Murai Batu (MB) dari kedua induknya dapat mencakup beberapa hal, antara lain: panjang bulu ekor, postur tubuh, mental, karakter, performa dan kualitas suara kicauannya.

Untuk performa dan kualitas suara sebetulnya tidak mutlak dipengaruhi dari faktor genetik saja, karena berkaitan juga dengan faktor eksternal seperti pola perawatan, perlakuan dan kondisi lingkungan dimana Murai Batu tersebut dipelihara.

Jadi untuk performa dan kualitas suara kicauan anakan burung Murai Batu dapat dibentuk dari pola perawatan, pelatihan, dan perlakuan sehari-hari. Sedangkan untuk mental dan karakternya sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Baca juga: Kelebihan trotolan Murai Batu hutan dibanding trotolan Murai Batu ternak

Berikut ini ciri-ciri umum anakan Murai Batu yang prospek:

1. Sejak kecil anakan burung Murai Batu sudah memiliki suara yang keras dan nyaring.

2. Anakan Murai Batu yang prospek erlihat paling aktif minta diloloh dan sifat egoisnya juga sangat dominan dengan selalu berusaha merebut jatah makanan untuk anakan yang lain.

3. Memiliki jari kaki yang panjang dengan tulang kaki yang besar, sedangkan untuk warna kakinya tidak selalu bisa dijadikan sebagai patokan untuk meramal kualitasnya.

4. Postur tubuhnya panjang dan ramping dengan sayap yang juga panjang.

5. Bentuk kepala besar dan papak dengan leher kecil dan panjang.

6. Mata tampak besar melotot dengan sorot tajam.

Ciri-ciri di atas merupakan ciri-ciri umum untuk memperkirakan bakat dan kualitas dari anakan burung Murai Batu, sebab faktor utama yang menentukan performa Murai Batu untuk bisa menjadi juara adalah "Mental".

Oleh karena itu jika tujuan memelihara Murai Batu adalah untuk dilombakan, maka pemilihan bahan yang prospek lapangan menjadi hal yang wajib di utamakan sebelum masuk ketahap berikutnya, yaitu pola perawatan, perlakuan, pelatihan, dan pengondisian.

Salah satu cara paling mudah untuk memilih bahan Murai Batu yang prospek dan berkualitas yaitu dengan membeli anakan Murai Batu dari trah juara.

Dengan melihat track record indukannya maka sudah dapat diramalkan kualitas anakan tersebut, karena kemungkinan besar anakan burung Murai Batu tersebut akan mewarisi kualitas dan talenta yang dimiliki indukannya.

Baca juga: Cara merawat Murai Batu trotolan agar cepat ngeplong dan gacor

Demikian sedikit informasi tentang faktor genetika sangat menentukan kualitas anakan Murai Batu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Faktor genetika sangat menentukan kualitas anakan Murai Batu"