Advertisement

Faktor genetika sangat menentukan kualitas anakan Murai Batu

Sifat-sifat genetik yang diwarisi anakan Murai Batu (MB) dari kedua induknya dapat mencakup beberapa hal, antara lain: panjang ekor, postur tubuh, mental, karakter, performa dan kualitas suara kicauannya.

Untuk performa dan kualitas suara sebetulnya tidak mutlak dipengaruhi dari faktor genetik saja, karena berkaitan dengan faktor eksternal seperti pola perawatan, perlakuan, dan kondisi lingkungan dimana Murai Batu (MB) tersebut dipelihara.

Jadi, untuk performa dan kualitas suara kicauan anakan Murai Batu (MB) dapat dibentuk dari pola perawatan, pelatihan, dan perlakuan sehari-hari. Sedangkan untuk mental dan karakternya sangat dipengaruhi dari faktor genetik atau keturunan.

Berikut ini ciri-ciri umum anakan Murai Batu (MB) yang prospek:

• Sejak kecil anakan Murai Batu (MB) sudah memiliki suara yang keras dan nyaring.

• Terlihat paling aktif minta diloloh dan sifat egoisnya sangat tinggi dengan selalu berusaha merebut jatah pakan anakan yang lain.

• Memiliki jari kaki yang panjang dengan tulang kaki yang besar, sedangkan untuk warna kaki tidak selalu bisa dijadikan sebagai patokan  untuk meramal kualitasnya.

• Postur tubuh panjang dan ramping dengan sayap yang juga panjang.

• Bentuk kepala besar dan papak dengan leher kecil dan panjang.

• Mata tampak besar melotot dengan sorot tajam.

Ciri-ciri di atas merupakan ciri-ciri umum untuk melihat bakat dan kualitas dari anakan Murai Batu (MB). Karena faktor utama yang menentukan performa Murai Batu untuk bisa menjadi juara adalah "Mental".

Karena itu jika tujuan kita memelihara Murai Batu (MB) adalah untuk dilombakan, maka pemilihan bahan yang prospek lapangan menjadi hal yang wajib di utamakan sebelum masuk ketahap berikutnya yaitu pola perawatan, perlakuan, pelatihan, dan pengondisian.

Salah satu cara pemilihan bahan yang prospek dan berkualitas dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan membeli anakan Murai Batu (MB) dari trah juara.

Dengan melihat track record indukannya maka sudah dapat diramalkan kualitas anakan tersebut, karena kemungkinan besar anakan tersebut akan mewarisi kualitas dan talenta yang dimiliki indukannya.

Baca juga:

Burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu

Ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu fighter

Perlakuan khusus untuk membuat Murai Batu muda lebih fighter

Tips agar anakan Murai Batu ternak memiliki ekor lebih panjang

Demikian sedikit informasi tentang "Faktor genetika sangat menentukan kualitas anakan Murai Batu". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Trotolan Murai Batu (MB)

Ikuti Kami Via Email