Advertisement

Perawatan Burung Gereja agar cepat gacor

Burung Gereja (Burger) banyak sekali berkeliaran disekitar rumah, baik didaerah perkotaan maupun dipedesaan. Suara burung ini sebetulnya kurang merdu untuk didengarkan karena suara kicauannya dominan suara tembakan rapat dan crecetan.

Suara Burung Gereja (Burger) terutama suara Burung Gereja tarung memang sangat cocok digunakan sebagai masteran burung-burung lomba seperti: Cendet, Cucak ijo (CI), Kacer, Murai Batu (MB) dan burung-burung lainnya.

Suara tembakan rapat dan crecetan Burung Gereja (Burger) memang akan terdengar dominan jika dinyanyikan oleh burung lain, terutama di arena lomba. Tapi agar Burung Gereja bisa gacor dan dapat dijadikan sebagai masteran, maka perlu diberikan perawatan yang baik dan konsisten.

Di alam bebas Burung Gereja biasa mengkonsumsi makanan apa saja, seperti biji-bijian, serangga dan binatang-binatang kecil, serta sisa-sisa makanan yang tercecer.

Berikut ini perawatan harian Burung Gereja agar rajin bunyi dan cepat gacor:

• Ketika sudah dipelihara didalam kandang, Burung Gereja bisa kita berikan pakan biji-bijian seperti milet, jewawut, dan biji-bijian lainnya. Atau agar lebih praktis gunakan saja pakan kemasan untuk Burung Kenari atau Lovebird (LB). Selain pakan biji-bijian, berikan juga voer agar menu pakannya lebih variatif.

• Walaupun termasuk burung pemakan biji-bijian namun di alam bebas burung ini juga terbiasa memakan serangga dan binatang-binatang kecil seperti ulat, rayap, dan telur semut. Karena itulah ketika kita pelihara, Burung Gereja juga perlu diberikan menu pakan tambahan/ekstra fooding (EF) seperti ulat hongkong yang masih berwarna putih, ulat kandang, dan juga kroto.

• Seminggu sekali sebaiknya Burung Gereja diberikan vitamin khusus untuk burung kicau yang dicampurkan pada air minumnya agar kondisi fisiknya selalu prima.

• Untuk mandi, sebaiknya jangan disemprot, tapi cukup diberikan cepuk berukuran agak besar agar Burung Gereja bisa mandi sendiri semaunya.

• Setelah selesai mandi, sebaiknya Burung Gereja dijemur selama 1-2 jam rutin setiap hari agar burung selalu sehat dan aktif.

• Setelah selesai dijemur, kemudian gantang burung ditempat yang teduh bersama burung-burung masteran lainnya. Suara dari burung-burung masteran lain yang gacor dapat memancing Burung Gereja untuk berkicau menyahuti.

• Agar Burung Gereja (Burger) lebih rajin bunyi dengan suara crecetan dan tembakan khasnya, sebaiknya kita pelihara lebih dari satu Burung Gereja agar saling sahut-sahutan. Tapi untuk penempatannya sebaiknya di atur agar kedua Burung Gereja tersebut tidak saling melihat dan cukup saling mendengar suaranya saja.

Baca juga:

Burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu

Perawatan burung Pelatuk Beras supaya rajin bunyi

Perawatan yang tepat untuk burung Manyar agar cepat gacor

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan Burung Gereja agar cepat gacor". Untuk informasi lain seputar Burung Gereja (Burger), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Gereja

Ikuti Kami Lewat Email