Perawatan burung Pelatuk Beras supaya rajin bunyi

Burung Pelatuk Beras memang kurang populer dibanding burung-burung kicauan jenis lainnya. Suara burung ini cenderung monoton, karena itulah kenapa Pelatuk Beras kurang diminati para Kicau Mania.

Suara kicauan Pelatuk Beras dominan suara tembakan rapat yang khas mirip dengan suara tembakan burung Cililin. Karena itulah burung ini sangat cocok dijadikan sebagai masteran untuk burung-burung lain seperti Murai Batu (MB), Cucak ijo (CI), Kacer, Cendet dan burung-burung lainya, terutama untuk burung lomba.

Untuk dijadikan sebagai burung masteran, tentunya Pelatuk Beras harus sudah gacor agar suaranya dapat selalu didengar oleh burung-burung yang dimaster setiap saat. Dan agar Pelatuk Beras cepat gacor, maka harus diberikan perawatan yang tepat dan konsisten dari mulai pengembunan, mandi, jemur dan pemberian pakan serta Extra fooding (EF).

Perawatan burung Pelatuk Beras sebetulnya tidak terlalu rumit dan hampir sama dengan perawatan burung-burung kicauan lain pada umumnya.

Perawatan harian untuk Pelatuk Beras agar rajin bunyi dan cepat gacor:

• Pengembunan

Embunkan Pelatuk Beras mulai jam 05.00 pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi hari yang merupakan waktu paling favorit bagi burung-burung liar untuk berkicau saling bersahutan. Berikan ulat hongkong (UH) 10 ekor atau bisa juga diberikan ulat kandang (UK) sebanyak satu sendok teh.

• Mandi

Pelatuk Beras tidak perlu dimandikan setiap hari, burung ini cukup dimandikan seminggu sekali saja dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer, karena di alam bebas Pelatuk Beras juga tidak suka mandi.

Setelah selesai dimandikan, berikan jangkrik 5 ekor kemudian burung di angin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya baru kemudian dijemur.

• Penjemuran

Jemur Pelatuk Beras setiap hari selama 1-2 jam secara rutin agar burung selalu sehat dan aktif. Setelah selesai dijemur, tempatkan Pelatuk Beras di tempat yang teduh dan berikan vitamin khusus untuk burung kicau yang diteteskan pada air minumnya sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasannya.

Sama dengan burung kicau jenis lainnya, Pelatuk Beras memerlukan vitamin tambahan selain pemberian Extra fooding (EF) dan voer yang diberikan setiap hari.

Berikan vitamin tambahan seminggu sekali karena sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi Pelatuk Beras agar tetap fit dan terhindar dari serangan penyakit, selain itu pemberian multivitamin juga dapat membuat Pelatuk Beras menjadi lebih gacor.

• Pakan dan Extra fooding (EF)

Untuk pakan hariannya Pelatuk Beras cukup diberikan voer dengan tambahan Extra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong (UH), dan ulat kandang (UK).

Pelatuk Beras bisa diberikan voer halus atau voer kasar tergantung kebiasaan sebagai pakan utamanya. Tapi karena Pelatuk Beras suka mengotori cepuk air minumnya dengan cara mencelupkan voer kedalam air minumnya, maka sebaiknya diberikan voer halus saja agar tidak bisa dibawa dan dicelupkan kedalam cepuk air minumnya.

Sedangkan untuk Extra fooding (EF), Pelatuk Beras bisa diberikan Jangkrik sebanyak 5/5 pagi/sore, ulat hungkong (UH) 10/10 pagi/sore, atau jika tidak ada ulat hongkong bisa diganti dengan ulat kandang (UK) sebanyak satu sendok teh pagi/sore.

Kandang yang cocok untuk Pelatuk Beras:

Sebaiknya Pelatuk Beras ditempatkan didalam kandang besi/kandang kapsul yang biasa digunakan untuk Lovebird (LB) atau menggunakan kandang dari kawat ram agar tidak hancur dipatuki, karena Pelatuk Beras memiliki kebiasaan mematuki batang pohon dengan paruhnya yang sangat keras dan tajam untuk mencari makanan dan untuk melubangi batang pohon ketika membuat sarang.

Jangan lupa didalam kandangnya diberikan sebatang kayu yang cukup besar sebagai tempat bertengger sekaligus untuk dipatuki seperti kebiasaannya di alam bebas yang selalu merambat dibatang-batang pohon sambil mematukinya untuk mencari makanan berupa ulat-ulat kecil yang terdapat disela-sela kulit pohon.

Baca juga:

Perawatan yang tepat untuk burung Manyar agar cepat gacor

Cara merawat Tengkek Raja Udang untuk masteran

Perawatan harian burung Srigunting agar rajin bunyi dan cepat gacor

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan burung Pelatuk Beras supaya rajin bunyi". Untuk informasi lain seputar burung Pelatuk, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Pelatuk Beras