Advertisement

Perawatan yang tepat untuk burung Manyar agar cepat gacor

Burung Manyar memang kurang di minati para penggemar burung kicauan, padahal burung ini memiliki suara kicauan yang cukup bagus dan bervariasi.

Burung Manyar termasuk burung pemakan biji-bijian, tapi juga menyukai serangga dan binatang-binatang kecil lainnya sebagai menu pakannya. Dalam perawatan kita, selain diberikan pakan utama berupa biji-bijian, burung Manyar juga perlu diberikan menu ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong (UH), ulat kandang (UK), dan kroto untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Burung Manyar juga termasuk burung yang cerdas dan pintar dalam menirukan suara-suara burung lain yang sering didengarnya, jadi agar suara kicauannya lebih bervariasi, burung Manyar bisa dimaster dengan suara burung-burung lain yang kita inginkan.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis burung Manyar, dan yang paling banyak dipelihara oleh para Kicau Mania adalah Manyar kepala emas, Manyar jambul, dan Manyar tempua. Ke tiga jenis burung Manyar tersebut di anggap memiliki suara kicauan yang merdu.

Agar burung Manyar rajin bunyi dan cepat gacor, maka harus diberikan perawatan yang tepat dan konsisten dari mulai, pakan, minum, ekstra fooding, mandi, jemur dan kebersihan kandang harus selalu diperhatikan. Perawatan burung Manyar sendiri sebetulnya cukup mudah dan hampir sama dengan perawatan burung-burung lainnya.

Berikut ini perawatan harian burung Manyar agar cepat gacor:

• Pagi hari sekitar jam 05.30 burung di embunkan untuk menghirup udara segar.

• Jam 07.00 burung dimandikan dengan cara di semprot halus menggunakan sprayer dan jangan lupa kandangnya juga dibersihkan.

• Setelah selesai dimandikan, kemudian berikan 3 ekor jangkrik dan ulat hongkong (UH) sebanyak 5 ekor.

• Berikan pakan berupa biji-bijian seperti yang biasa dikonsumsi burung Kenari, dan ganti juga air minumnya dengan yang baru.

• Setelah itu burung dijemur selama 1-2 jam rutin setiap hari jika cuaca cerah.

• Setelah selesai dijemur, kemudian gantang burung ditempat yang teduh. Kroto bisa diberikan 2 kali seminggu setelah selesai dijemur dengan porsi satu sendok makan.

• Berikan vitamin khusus untuk burung kicauan seminggu sekali yang dicampurkan pada air minumnya.

• Sore harinya berikan jangkrik sebanyak 3 ekor dan ulat hongkong (UH) 5 ekor, kemudian kandangnya dibersihkan dan masukkan burung kedalam rumah untuk istirahat.

• Selama istirahat burung Manyar bisa dimasteri dengan suara burung Kenari, Sanger, Blackthroad atau suara burung-burung lainnya sesuai yang kita inginkan.

• Lakukan pola perawatan tersebut secara rutin dan konsisten agar burung Manyar selalu sehat dan cepat gacor.

Baca juga:

Beberapa jenis Pleci yang banyak dipelihara dan bagus untuk lomba

Perawatan yang tepat untuk Pleci mabung

Perbedaan Kenari Loper dengan Kenari AF dan Kenari jenis lainnya

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan yang tepat untuk burung Manyar agar cepat gacor". Untuk informasi lain seputar burung Manyar, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Manyar Kepala Emas