Perawatan yang tepat untuk Pleci mabung

Pleci adalah burung mungil yang memiliki suara kicauan merdu dengan suara ngalasnya yang khas. Pleci juga termasuk burung yang cerdas dalam menirukan suara-suara burung lain yang sering didengarnya.

Ketika sudah gacor, Pleci akan rajin sekali berkicau dengan suara ngalas dan suara-suara isiannya sepanjang hari. Tapi ketika Pleci memasuki masa mabung, maka performanya akan mulai menurun dan tidak aktif berkicau lagi.

Ciri-ciri Pleci yang akan memasuki masa mabung:

• Pada saat akan memasuki masa mabung/ngurak, Pleci akan sering terlihat mengembangkan bulu-bulunya/nyekukruk.

• Pleci menjadi lebih banyak minum.

• Pleci menjadi malas beraktifitas dan malas berkicau.

• Mulai banyak bulu halus yang rontok.

• Mental Pleci menjadi tidak stabil dan mudah down ketika mendengar suara atau bertemu Pleci lain.

• Biasanya ketika akan memasuki masa mabung/ngurak, Pleci juga menjadi malas mandi.

Normalnya proses mabung akan berlangsung paling lama sekitar 1,5 bulan, dan jika proses mabung berlangsung lebih dari 1,5 bulan berarti masa mabungnya berjalan tidak normal.

Jika proses mabung berlangsung dengan normal biasanya performa Pleci menjadi lebih bagus dari sebelumnya karena kondisi fisiknya semakin prima dan mentalnya menjadi semakin mapan.

Untuk merawat Pleci yang sedang mabung/ngurak sebetulnya sangat mudah karena yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan nutrisinya selama proses mabung berlangsung.

Jika bulu-bulu halus mulai banyak yang rontok, maka sebaiknya segera lakukan perawatan mabung/ngurak sebagai berikut:

• Penempatan

Tempatkan Pleci yang sedang mabung/ngurak pada lingkungan yang tenang/hening agar Pleci merasa nyaman dan dapat menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna.

• Isolasi

Pada saat proses mabung berlangsung, usahakan agar Pleci tidak mendengar suara Pleci atau burung-burung lain dengan jarak yang terlalu dekat agar Pleci bisa beristirahat dengan tenang.

• Full kerodong

Pada saat mabung/ngurak, sebaiknya Pleci lebih banyak dikerodong (Full kerodong). Buka kerodong hanya pada saat membersihkan kandang, dan memberikan pakan serta air minum.

• Pakan

Berikan voer yang berkualitas dengan kandungan protein yang tinggi dicampur susu bubuk untuk mempercepat proses perontokan bulu-bulunya. Pleci yang sedang dalam masa mabung/ngurak membutuhkan nutrisi lebih besar, sehingga perlu diberikan asupan Ekstra fooding (EF) lebih banyak dari porsi hariannya.

• Ekstra fooding (EF)

Pada saat Pleci sedang merontokkan bulu-bulu lamanya, berikan ulat hongkong (UH) atau ulat kandang (UK) lebih banyak dari porsi hariannya untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulunya, dan pada saat Pleci mulai menumbuhkan bulu-bulu barunya, hentikan pemberian ulat hongkong (UH) atau ulat kandang (UK). Ganti dengan jangkrik kecil dan kroto dengan porsi sekenyangnya agar pertumbuhan bulu-bulu barunya lebih cepat dan sehat.

• Buah

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin Pleci, buah-buahan juga harus diberikan rutin setiap hari seperti: pisang kepok, pepaya, apel, dan buah-buahan lainnya secara bergantian.

• Mandi dan jemur

Pada saat mabung sebaiknya Pleci tidak perlu dimandikan dan dijemur agar tidak menghambat proses mabungnya. Mandikan Pleci pada saat semua bulu-bulunya sudah tumbuh sempurna dan mulai dijemur selama 15 menit saja setiap hari mulai jam 07.00 pagi. Setelah 2 bulan pasca mabung atau setelah bulu-bulunya kering/kuat, penjemuran mulai bisa ditingkatkan lebih lama.

• Pemasteran

Lakukan pemasteran pada saat Pleci mabung/ngurak, karena pada saat mabung Pleci lebih banyak diam dan beristirahat sehingga lebih fokus dalam merekam suara-suara yang didengarnya.

• Masa pemulihan

Masa pemulihan/rekondisi bisa berlangsung selama 3 bulan setelah selesai masa mabungnya. Pada masa ini perawatan Pleci bisa dikembalikan seperti sebelum mabung/ngurak.

Biasanya setelah selesai mabung/ngurak, tubuh Pleci menjadi lebih gemuk karena pemberian Ekstra fooding (EF) yang berlebihan dan kurangnya aktifitas selama masa mabung berlangsung. Karena itu Pleci perlu di umbar untuk merampingkan tubuhnya dan mengembalikan staminanya agar kembali prima.

Untuk sementara Pleci jangan di track/dilombakan dulu sampai kondisinya benar-benar sempurna. Berikan vitamin khusus untuk burung kicau sebagai suplemen tambahan untuk mempercepat pemulihan kondisinya.

Baca juga:

Ciri-ciri Trucukan bakalan yang bagus

Tips agar Sirtu/Cipoh yang baru dibeli tidak stres

Perbedaan Kenari Loper dengan Kenari AF dan Kenari jenis lainnya

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan yang tepat untuk Pleci mabung". Untuk informasi lain seputar Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pleci mabung/ngurak