Cara meloloh anakan Lovebird yang benar

Sebetulnya indukan Lovebird (LB) memiliki naluri untuk meloloh anaknya dari mulai manetas sampai bisa makan sendiri. Tapi adakalanya indukan Lovebird tidak dapat meloloh anak-anaknya secara adil/merata. Kasus seperti ini biasanya terjadi pada indukan Lovebird muda yang belum berpengalaman merawat dan meloloh anakannya.

Misalnya saja ada 5 ekor anakan Lovebird (LB) yang menetas, tapi biasanya hanya ada 2-3 ekor yang lebih dominan dalam meminta makan, sedangkan piyik/anakan lainnya yang lebih kecil/lemah terkadang tidak mendapatkan bagian atau tidak diloloh oleh induknya dan akhirnya bisa mati karena kelaparan dan terinjak-injak oleh saudaranya yang lebih kuat dan dominan.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal itu, sebaiknya kita mengambil piyik/anakan Lovebird (LB) yang lemah tersebut untuk kita loloh sendiri.

Kita bisa menggunakan peralatan sederhana seperti suntikan yang ujungnya diberi selang kecil. Ketika merasa lapar anakan Lovebird (LB) akan meminta makan dengan meringik dan membuka paruhnya. Pada saat itulah kita bisa memasukkan selang dari suntikan yang telah di isi pakan cair kedalam paruh piyik/anakan Lovebird kemudian menekan pompanya secara perlahan agar makanan yang ada didalam suntikan masuk ke tenggorokan piyik/anakan Lovebird sedikit demi sedikit.

Permasalahan yang sering terjadi jika kita memisahkan piyik/anakan Lovebird (LB) dari induknya setelah berumur 2 minggu-1 bulan biasanya sudah sulit untuk di loloh/di spet karena anakan Lovebird tersebut sudah terlanjur mengenali induknya yang selalu memberikan makanan.

Jika piyik/anakan Lovebird (LB) tidak mau kita loloh, maka kita perlu sedikit memaksanya agar mau makan. Pada umur 1 bulan anakan Lovebird sudah mulai belajar untuk memakan biji-bijian sendiri, tapi tetap harus kita bantu dengan di spet untuk menjaga staminanya.

Peralatan dan bahan-bahan untuk meloloh anakan Lovebird (LB):

• Siapkan dulu perlengkapan yang akan digunakan untuk meloloh anakan Lovebird (LB) seperti suntikan, bubur bayi (rasa beras merah atau kacang hijau), air putih hangat, mangkok, dan sendok untuk mengaduknya.

• Letakkan bubur bayi didalam mangkok lalu aduk dengan air hangat secukupnya. Komposisi kekentalannya kita sesuaikan dengan umur anakan Lovebird (LB) yang akan di loloh. Untuk anakan Lovebird yang berumur 1-2 minggu kita bisa memberikan makanan yang agak encer dan untuk anakan Lovebird yang berumur 3 minggu ke atas bisa kita berikan makanan yang lebih kental/padat.

• Isi penuh suntikan dengan hubur bayi yang telah di encerkan karena biasanya satu ekor anakan Lovebird (LB) dapat menghabiskan 2-3 isi suntikan penuh.

• Setelah selesai di loloh/di spet kemudian paruhnya kita bersihkan dari sisa-sisa makanan yang berlepotan.

Baca juga:

Cara mudah beternak burung Kenari

Cara ampuh membuat Lovebird konslet di lapangan

Tips agar Lovebird cepat produk

Demikian sedikit informasi tentang "Cara meloloh anakan Lovebird yang benar". Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Anakan Lovebird (LB)