Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan indukan Kacer pada saat mengerami telur

gambar burung kacer mengerami telur
Indukan Burung Kacer

Onkicau.com - Pada saat indukan Kacer mengerami telurnya, usahakan agar kondisi lingkungan disekitar kandang ternak tenang dan bebas dari segala gangguan seperti suara-suara gaduh dan binatang-binatang predator seperti tikus, kucing,ular dan lainnya, termasuk semut dan kecoa juga dapat mengganggu masa pengeraman telur. 

Hewan-hewan pengganggu tersebut secara tidak langsung dapat mengakibatkan kegagalan masa pengeraman telur, karena kehadiran hewan-hewan tersebut akan menyebabkan induk Kacer yang sedang mengerami telur merasa tidak nyaman dan sering meninggalkan telur yang sedang di eraminya. Hal itu akan mengakibatkan suhu yang diperlukan telur untuk dapat menetas menjadi tidak stabil sehingga telur gagal menetas.

Bahkan bisa lebih fatal lagi, indukan Kacer kadang sampai merusak sarangnya dan memakan telurnya sendiri karena stres yang di akibatkan karena ketidak nyamanan yang disebabkan oleh keberadaan hewan-hewan pengganggu tersebut.

Baca juga: Tips agar sukses beternak burung Kacer

Pemberian pakan untuk indukan Kacer yang sedang mengerami telur:

Pada saat indukan Kacer mengerami telurnya, di anjurkan untuk mengurangi porsi ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong (UH) dan lainnya. Karena pakan-pakan hidup tersebut sangat berpotensi memicu sifat agresif Kacer, terutama pemberian ulat hongkong (UH) pada saat cuaca panas.

Penambahan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik dan kroto dengan porsi lebih banyak dari porsi normal/porsi hariannya diberikan pada saat masa pengeraman memasuki hari ke-12, karena umumnya telur akan menetas pada hari ke-14 atau hari ke-15.

Tujuan pemberian ekstra fooding (EF) dengan porsi lebih banyak tersebut adalah untuk persiapan agar ketika sewaktu-waktu telur menetas, indukan Kacer dapat langsung meloloh piyik/anaknya dengan pakan yang telah kita sediakan.

Baca juga: Ciri-ciri Kacer jantan dan betina beserta gambarnya

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat indukan burung Kacer saat mengerami telur yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Perawatan indukan Kacer pada saat mengerami telur"

  1. Punya aq telurnya ngak bisa menetas malah jadi kering...

    ReplyDelete