Advertisement

Perawatan indukan Kacer pada saat mengerami telur

Pada saat indukan Kacer mengerami telurnya, usahakan agar kondisi lingkungan disekitar kandang ternak tenang dan bebas dari segala gangguan seperti suara-suara gaduh dan binatang-binatang predator seperti tikus, kucing,ular dan lainnya, termasuk semut dan kecoa juga dapat mengganggu masa pengeraman telur. 

Hewan-hewan pengganggu tersebut secara tidak langsung dapat mengakibatkan kegagalan masa pengeraman telur, karena kehadiran hewan-hewan tersebut akan menyebabkan induk Kacer yang sedang mengerami telur merasa tidak nyaman dan sering meninggalkan telur yang sedang di eraminya. Hal itu akan mengakibatkan suhu yang diperlukan telur untuk dapat menetas menjadi tidak stabil sehingga telur gagal menetas.

Bahkan bisa lebih fatal lagi, indukan Kacer kadang sampai merusak sarangnya dan memakan telurnya sendiri karena stres yang di akibatkan karena ketidak nyamanan yang disebabkan oleh keberadaan hewan-hewan pengganggu tersebut.

Pemberian pakan untuk indukan Kacer yang sedang mengerami telur:

Pada saat indukan Kacer mengerami telurnya, di anjurkan untuk mengurangi porsi ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong (UH) dan lainnya. Karena pakan-pakan hidup tersebut sangat berpotensi memicu sifat agresif Kacer, terutama pemberian ulat hongkong (UH) pada saat cuaca panas.

Penambahan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik dan kroto dengan porsi lebih banyak dari porsi normal/porsi hariannya diberikan pada saat masa pengeraman memasuki hari ke-12, karena umumnya telur akan menetas pada hari ke-14 atau hari ke-15.

Tujuan pemberian ekstra fooding (EF) dengan porsi lebih banyak tersebut adalah untuk persiapan agar ketika sewaktu-waktu telur menetas, indukan Kacer dapat langsung meloloh piyik/anaknya dengan pakan yang telah kita sediakan.

Baca juga:

Cara merawat dan meloloh piyik/anakan Kacer

Tips lengkap perawatan anakan Murai Batu

Cara meloloh anakan Lovebird yang benar

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan indukan Kacer pada saat mengerami telur". Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Indukan Kacer sedang mengerami telur