Perawatan Kutilang Emas agar rajin bunyi dan cepat gacor

Kutilang emas memang tidak terlalu populer seperti burung-burung kicauan lainnya. Tapi meskipun tidak populer, namun suara burung ini sebetulnya cukup bagus dan jernih walaupun cenderung monoton.

Perawatan Kutilang emas sebetulnya tidak jauh beda dengan perawatan burung-burung pemakan buah san serangga lainnya seperti Cucak ijo (CI), Trucukan (TR) dan Cucak jenggot (CJ).

Kutilang emas tidak memerlukan perawatan khusus yang merepotkan, burung ini cukup diberikan pakan berupa voer, buah-buahan, dan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik dan ulat hongkong (UH).

Pakan utama Kutilang emas adalah voer dan buah-buahan sebagai pakan utama dan serangga sebagi pakan tambahan atau ekstra fooding (EF). Setiap pagi ganti buah dengan yang baru, variasikan menunya agar Kutilang emas tidak bosan.

Pakan utama untuk Kutilang emas:

• Voer

Agar lebih praktis sebaiknya Kutilang emas dibiasakan untuk makan voer agar tidak merepotkan dalam perawatan hariannya. Berikan voer kasar yang biasa digunakan untuk pakan burung Trucukan, atau voer lainnya.

• Pisang

Sebelum diberikan pada Kutilang emas, terlebih dulu permukaan pisang diolesi dengan madu murni, manfaatnya untuk menambah stamina burung sehingga kuat berkicau seharian.

• Pepaya

Pilih buah pepaya yang sudah benar-benar matang agar mudah dikonsumsi oleh Kutilang emas. Cuci dulu sebelum diberikan untuk menghilangkan getahnya.

Pepaya sangat bagus untuk metabolisme tubuh dan saluran pencernaan Kutilang emas. Kandungan vitamin C yang tinggi pada pepaya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran Kutilang emas.

Bisa juga diberikan buah-buahan lain sebagai variasi seperti apel, sawo, jambu biji, dan buah-buahan lainnya.

Ekstra fooding (EF) untuk Kutilang emas:

• Jangkrik

Jangkrik adalah penyuplai kebutuhan protein yang utama bagi Kutilang emas ketika sudah kita pelihara dalam kandang. Berikan jangkrik setiap pagi dan sore dengan porsi sesuai kebiasaan. Untuk standarnya bisa diberikan 3/3 pagi/sore, bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebiasaan.

• Ulat hongkong (UH)

Berikan ulat hongkong (UH) pada saat cuaca dingin saja untuk menghangatkan tubuh burung dan pada saat sedang dalam masa mabung untuk membantu mempercepat perontokan bulu-bulu Kutilang emas.

Pemberian ulat hongkong (UH) yang berlebihan pada saat cuaca panas bisa menyebabkan bulu-bulu Kutilang emas rontok sebelum waktunya mabung.

Selain pakan dan ekstra fooding (EF), Kutilang emas juga perlu mendapat perawatan lain agar selalu aktif dan rajin bunyi, seperti:

• Pengembunan

Embunkan Kutilang emas setiap pagi diluar rumah agar menghirup udara segar dan terkena sinar matahari pagi.

• Mandi

Setelah jam 07.00 pagi burung dimandikan, sediakan cepuk besar untuk mandi didalam kandangnya, atau bisa juga disemprot menggunakan sprayer.

Kandangnya juga harus dibersihkan agar burung terbebas dari penyakit. Jangan lupa ganti juga pakan dan air minumnya dengan yang baru.

• Jemur

Setelah selesai dimandikan, burung di angin-anginkan dulu sampai bulu-bulunya kering, berikan jangkrik sesuai porsi hariannya.

Setelah bulu-bulunya kering baru kemudian burung dijemur selama 1-2 jam, pakan dan air minumnya tetap diberikan agar Kutilang emas tidak lemas karena kelaparan dan dehidrasi. Setelah selesai dijemur, gantang Kutilang emas ditempat yang teduh agar berkicau sepuasnya.

Baca juga:

Ciri-ciri Cucak ijo (CI) trotol semiran

Tips perawatan Trucukan agar gacor, ropel dan ngeroll panjang

Ciri-ciri Trucukan jantan dan betina yang akurat

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan Kutilang Emas agar rajin bunyi dan cepat gacor". Untuk informasi lain seputar Kutilang emas, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Kutilang Emas