Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Perkutut ombyokan yang suaranya bagus

gambar perkutut ombyokan
Perkutut Ombyokan
Onkicau.com - Hal paling utama yang harus dipertimbangkan dalam memelihara burung Perkutut adalah kualitas suara anggungannya karena setiap burung Perkutut tidak ada yang memiliki suara benar-benar sama persis, baik dari volumenya, iramanya maupun ketukannya. Oleh karena itulah burung Perkutut memiliki kriteria suara tersendiri agar bisa dikatakan bagus.

Maka dari itu, jika membeli burung Perkutut ombyokan maka harus benar-benar jeli dalam memilih satu dari sekian banyak burung Perkutut yang kemungkinan memiliki suara bagus.

Memilih Perkutut ombyokan memang memerlukan kejelian agar bisa mendapatkan yang suaranya bagus karena Perkutut ombyokan rata-rata belum mau bunyi, sehingga agak sulit untuk memilih mana yang suaranya bagus.

Lain halnya jika membeli burung Perkutut yang sudah jadi (gacor), karena kita bisa memantau dan mendengarkan suaranya secara langsung.


Berikut ini cara memilih Perkutut ombyokan yang suaranya bagus:

1. Pilihlah burung Perkutut yang postur tubuhnya membungkuk dengan ekor yang hampir menyentuh tangkringan (bongkok udang), karena burung Perkutut dengan postur tubuh bongkok udang rata-rata memiliki mental dan suara yang bagus.

2. Pilihlah burung Perkutut yang bentuk lehernya besar dan panjang dengan otot-otot leher yang terasa tebal ketika dipegang dengan jari. Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang keras dan tebal.

3. Pilihlah burung Perkutut yang bentuk paruhnya panjang dan tebal dengan lubang hidung menonjol seperti burung merpati. Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang besar.

4. Pilihlah burung Perkutut yang bentuk kepalanya njambe nom atau seperti buah pinang muda. Biasanya burung Perkutut dengan bentuk kepala seperti itu memiliki kualitas suara yang bagus.

5. Pilihlah burung Perkutut yang lubang telinganya kelihatan atau tidak tertutup bulu, karena Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang besar.

6. Pilihlah burung Perkutut jantan yang memiliki tulang supit keras tapi agak renggang, dan jarak antara tulang supit dengan bagian dadanya agak jauh. Burung Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang besar dan panjang.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Perkutut ombyokan yang suara manggungnya bagus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Perkutut ombyokan yang suaranya bagus"