Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat kroto untuk Murai Batu

gambar kroto dan burung murai batu
Burung Murai Batu & Kroto

Onkicau.com - Kroto merupakan extra fooding (EF) terbaik untuk burung kicauan terutama Murai Batu (MB), karena kroto memiliki kandungan protein yang tinggi tapi rendah lemak, jadi tidak berpotensi menyebabkan kegemukan / obesitas pada burung yang mengkonsumsinya.

Berdasarkan hasil penelitian, pada setiap 100 gram kroto terdapat kandungan protein sekitar 8,2 gram, dengan kandungan lemak dan kalorinya sekitar 2,6 gram yang lebih rendah dari telur ayam, yaitu sekitar 11,7 gram.

Selain memiliki kandungan protein dan lemak, kroto juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, sodium, potassium, vitamin B1, vitamin B2, dan juga niacin.

Karena kandungan nutrisi yang cukup banyak itulah sehingga kroto sangat baik dikonsumsi oleh burung Murai Batu.

Baca juga: Manfaat penting jangkrik untuk burung kicauan

Berikut ini berapa manfaat kroto untuk burung Murai Batu:

1. Pemberian kroto untuk burung Murai Batu dapat membantu menjaga kondisi burung tetap fit, lebih aktif dan rajin bunyi.

2. Pemberian kroto secara rutin pada burung Murai Batu muda / trotol akan membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya sehingga burung menjadi lebih cerdas dan lebih cepat dalam merekam suara-suara masteran.

3. Untuk Murai Batu bahan / bakalan, pemberian kroto juga sangat di anjurkan untuk menjaga kondisi fisik burung agar tetap sehat dan juga lebih efektif digunakan untuk melatih burung bakalan agar cepat ngevoer dengan cara mencampurkannya dengan voer halus.

4. Untuk Murai Batu yang mengalami macet bunyi, stress, dan kurang fit yang ditandai dengan sering mengembangkan bulu-bulunya (nyekukruk), pemberian kroto secara rutin setiap hari dapat membantu mempercepat proses pemulihan kondisinya.

Baca juga: Cara mengatasi Murai Batu sakit dan tidak mau makan

Alasan kenapa kroto seakan menjadi menu extra fooding (EF) yang wajib untuk burung Murai Batu adalah karena Murai Batu merupakan burung type fighter yang sangat atraktif, sehingga burung ini membutuhkan stamina yang besar untuk menunjang karakter dan perilakunya tersebut.

Selain itu, karakter fighter tinggi / mudah emosi yang dimiliki Murai Batu harus tetap dikontrol agar tidak over karena jika over emosi akan menyebabkan Murai Batu bertingkah nakal ketika dilombakan.

Kroto adalah extra fooding (EF) yang paling cocok untuk burung yang memiliki karakter fighter tinggi seperti Murai Batu karena kroto mengandung banyak air sehingga tidak menyebabkan efek panas yang berlebihan seperti jika diberikan ulat hongkong yang dapat menaikkan tensi burung secara signifikan.

Jadi, pemberian kroto pada burug Murai Batu akan membuat stamina burung menjadi prima, tapi emosinya akan tetap stabil.

Tapi perlu di ingat, pemberian kroto juga harus di imbangi dengan penjemuran, karena jika tidak maka burung Murai Batu akan berpotensi mengalami over birahi (OB) yang dapat menurunkan performanya, bahkan akan cenderung berperilaku nakal ketika dilombakan.

Pilihlah kroto yang masih segar dan bersih, karena jika diberikan kroto yang sudah tampak layu dengan warna agak kehitaman dan berbau (basi), dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada burung Murai Batu, seperti gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan (serak) dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya.

Jika kroto disimpan didalam kulkas, maka sebelum diberikan pada burung Murai Batu sebaiknya di angin-anginkan atau dihangatkan terlebih dulu sampai tidak terasa dingin lagi baru diberikan pada burung Murai Batu.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi Murai Batu serak

Demikian sedikit informasi tentang manfaat kroto untuk Murai Batu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat kroto untuk Murai Batu"