Advertisement

Manfaat pengembunan dan penjemuran untuk burung kicau

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk mengeluarkan burung dari dalam rumah untuk di embunkan dan dijemur, karena embun pagi dan sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran burung peliharaan kita.

Manfaat pengembunan:

Pengembunan sangat bermanfaat untuk burung kicau karena dengan di embunkan burung dapat menghirup udara segar yang bagus untuk paru-parunya, sekaligus menikmati suasana pagi hari yang merupakan waktu paling favorit bagi burung-burung di alam liar untuk berkicau saling bersahutan, sehingga burung yang macet bunyi akan terpancing untuk berkicau, atau burung yang hanya ngeriwik saja akan menjadi ngeplong.

Tapi ada juga yang berpendapat jika pengembunan kurang cocok untuk beberapa jenis burung seperti Lovebird (LB) dan jenis burung paruh bengkok lainnya serta Cucak ijo (CI). Tapi tidak semuanya karena ada beberapa individu Lovebird (Lb) dan Cucak ijo (CI) yang justru menjadi lebih bagus performanya jika di embunkan.

Pengembunan lebih efektif untuk burung kicauan dari jenis Anis/Punglor, Tledekan, Cendet/Pentet, Kacer, Murai Batu (MB), dan burung-burung lainnya.

Waktu yang tepat untuk melakukan pengembunan yaitu pada pagi hari mulai jam 05.00 pagi sampai matahari mulai bersinar.

Manfaat penjemuran:

Penjemuran juga merupakan bagian dari perawatan burung kicau yang sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran fisik burung, karena sinar matahari dapat membantu merubah pro vitamin D menjadi vitamin D yang berfungsi untuk:

• Membentuk dan memperbaiki tulang.
• Dapat membunuh bakteri, jamur dan juga virus serta kutu yang terdapat pada kulit dan bulu-bulu burung.
• Menguatkan nafas dan stamina burung.
• Meningkatkan imunitas pada tubuh burung sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Tapi perlu di ingat, jangan melakukan penjemuran terlalu berlebihan karena dapat membuat bulu-bulu burung menjadi kusam, dapat menyebabkan mata burung katarak, dan dapat menyebabkab burung menjadi stres jika terlalu lama terpapar sinar matahari, terutama pada siang hari ketika matahari sudah terik.

Setelah matahari mulai bersinar, burung bisa dimandikan dan kemudian dijemur. Selain perawatan seperti pengembunan, pemberian pakan dan ekstra fooding (EF), mandi dan jemur, kebersihan kandang juga harus diperhatikan agar burung selalu sehat, aktif, dan terhindar dari serangan penyakit.

Baca juga:

Manfaat kroto untuk Murai Batu

Cara mengajari trotolan Murai Batu ternak untuk mandi keramba

Cara mencegah agar burung tidak terkena katarak

Demikian sedikit informasi tentang "Manfaat pengembunan dan penjemuran untuk burung kicau". Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pengembunan