Terapi untuk burung yang macet mabung

Mabung/ngurak adalah proses pergantian bulu-bulu tua yang akan digantikan dengan tumbuhnya bulu-bulu baru. Proses tersebut adalah siklus alami yang terjadi setiap tahun pada semua jenis burung.

Pada saat Mabung/ngurak, kita dapat melakukan setting ulang pada burung peliharaan kita dan juga melakukan proses pemasteran untuk menambah variasi kicauannya.

Tapi seringkali proses mabung/ngurak tidak berjalan dengan normal atau hanya nyulam bulu saja. Tentu saja hal itu akan membuat proses mabung berlangsung lebih lama dan akan berdampak negatif pada performa burung nantinya.

Di alam bebas, burung akan mengalami mabung/ngurak karena dua faktor, yaitu:

• Faktor external

Disebabkan karena faktor uaca, dimana kelembaban tinggi (gerah), dan makanan  berlimpah.

• Faktor internal

Disebabkan karena pengaruh hormon, atau memang sudah waktunya ganti bulu yang merupakan siklus alami yang terjadi pada semua jenis burung.

Jika proses mabung/ngurak berlangsung tidak normal/tersendat/macet mabung, kita dapat menerapkan beberapa metode untuk membuat bulu-bulu burung lebih cepat rontok secara merata sehingga proses mabung dapat berlangsung dengan normal.

Cara mempercepat proses mabung/ngurak pada burung yang macet mabung:

• Campurkan susu bubuk putih bersama voer yang biasa dikonsumsi burung sehari-hari. Jika bulu-bulu burung sudah ambrol semua, maka voer tidak perlu dicampur dengan susu bubuk lagi sampai burung selesai mabung.

• Ganti voer yang biasa dikonsumsi burung dengan voer ayam 511. Setelah semua bulu-bulu burung rontok, hentikan pemberian voer ayam 511 dan ganti dengan voer yang biasa dikonsumsi burung sebelum mabung.

• Campurkan voer harian yang biasa dikonsumsi burung dengan kuning telur bebek atau kuning telur ayam kampung, aduk sampai tercampur rata lalu angin-anginkan dan dijemur sampai kering baru diberikan pada burung.

Jika bulu-bulu burung sudah rontok, hentikan pemberian voer yang dicampur kuning telur bebek tersebut dan ganti dengan voer yang biasa dikonsumsi burung tanpa campuran kuning telur.

• Selain memodifikasi pemberian voer, kita juga bisa memberikan ekstra fooding (EF) yang bersifat panas atau yang dapat meningkatkan suhu tubuh burung seperti ulat hongkong (UH) dan larva tawon dengan porsi lebih banyak untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulu burung.

• Selain dengan cara internal, atau memodifikasi campuran pakannya, kita bisa menerapkan metode eksternal untuk mempercepat proses mabung/ngurak pada burung, yaitu dengan cara menaburkan kapur mati (yang sudah direndam air lalu dikeringkan) didasar sangkar kemudian pada bagian atas/permukaannya ditaburi lagi dengan dedak halus. Letakkan wadah air didalam kandang agar tingkat kelembaban didalam kandang menjadi tinggi lalu dikerodong (full kerodong).

• Cara lainnya dengan meletakkan irisan daun pandan didasar kandang. Fungsi irisan daun pandan adalah sebagai aroma terapi untuk membuat burung lebih tenang dan nyaman, sehingga proses mabung/ngurak dapat berlangsung normal.

• Tempatkan burung dilingkungan yang tenang dan sepi dengan tetap dikerodong (full kerodong) agar burung bisa beristirahat dengan tenang dan fokus menyelesaikan masa mabungnya. Gunakan kerodong berbahan katun yang tebal.

Baca juga:

Manfaat pengembunan dan penjemuran untuk burung kicau

Manfaat kroto untuk Murai Batu

Perawatan yang tepat untuk Pleci mabung

Demikian sedikit informasi tentang "Terapi untuk burung yang macet mabung". Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB) mabung/ngurak