Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara pemasteran Jalak Suren Jawa trotol/anakan agar full isian

gambar anakan burung jalak suren jawa
Anakan/trotolan burung Jalak Suren Jawa

On Kicau - Burung Jalak Suren Jawa sampai saat ini masih tetap memiliki penggemar setia. Burung klasik ini hampir sudah tidak dapat lagi ditemukan di alam bebas karena sudah hampir punah dan justru lebih mudah dijumpai dipasar-pasar burung karena Jalak Suren Jawa sudah banyak ditangkarkan.

Hampir semua burung Jalak Suren Jawa yang dijual dipasar-pasar burung berasal dari penangkaran, dan biasanya dijual saat masih anakan/trotolan.

Keuntungan memelihara burung Jalak Suren Jawa dari anakan/trotolan yaitu burung lebih cepat jinak, cepat gacor dan lebih mudah dibentuk sesuai keinginan kita, terutama untuk materi isiannya.

Jika dilatih dan dimaster dengan berbagai macam suara isian sejak masih anakan/trotolan, Jalak Suren Jawa bisa menjadi istimewa dan full isian setelah dewasa.


Pemasteran wajib dilakukan untuk memperkaya materi isian burung Jalak Suren karena burung yang dihasilkan dari penangkaran tentunya tidak memiliki suara alam/hutan karena sejak menetas hanya berada dilingkungan peternakan dengan suasana yang jauh berbeda dengan dihabitat aslinya (hutan).

Apalagi jika sejak anakan sudah dipisahkan dari induknya, tentunya anakan burung Jalak Suren tersebut belum banyak merekam suara kicauan induknya.

Waktu paling efektif untuk melakukan pemasteran pada burung Jalak Suren Jawa memang sebaiknya dilakukan sejak burung masih anakan, terutama pada usia 4 - 5 bulan karena memory burung masih kosong sehingga lebih mudah untuk merekam suara-suara yang sering didengarnya.

Pemasteran Jalak Suren bisa dilakukan dengan menggunakan suara dari burung asli dan bisa juga menggunakan suara Mp3 player.

Tapi agar lebih efektif sebaiknya menggunakan masteran burung-burung asli karena suaranya bisa didengar setiap saat secara alami sehingga lebih mudah direkam/ditirukan oleh burung Jalak Suren.

Waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran menggunakan suara Mp3 pada anakan/trotolan Jalak Suren Jawa yaitu pada pagi, sore, dan juga pada malam hari.

Yang terpenting dalam melakukan pemaasteran, kita harus memperhatikan kapan waktu anakan/trotolan Jalak Suren beristirahat, karena pada saat istirahat atau tidak sedang melakukan aktivitas itulah burung akan lebih konsentrasi dalam mendengar, mempelajari dan merekam suara-suara masterannya.

Sedangkan untuk pemasteran menggunakan suara burung asli, kita tidak perlu repot-repot menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran, karena kita hanya perlu menempatkan anakan/trotolan Jalak Suren didekat burung-burung masterannya agar suaranya bisa terdengar dengan jelas setiap saat.

Cara pemasteran dengan menggunakan suara dari burung asli memang sangat efektif, tapi memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk membeli burung-burung masteran.

Untuk pemasteran menggunakan suara Mp3 player, usahakan kualitas suaranya jernih dan jauhkan burung dari suara-suara gaduh agar lebih konsentrasi dalam merekam suara-suara masterannya.

Dengan melakukan pemasteran secara tepat sejak anakan/trotolan, maka nantinya setelah dewasa burung Jalak Suren akan memiliki suara kicauan lebih bervariasi.

Baca juga:



Demikian sedikit indormasi tentang cara pemasteran anakan/trotolan Jalak Suren Jawa agar full isian setelah dewasa yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Jalak, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih


Video Jalak Suren lokal isian suara Lovebird

Post a Comment for "Cara pemasteran Jalak Suren Jawa trotol/anakan agar full isian"