Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis burung Cililin yang banyak dipelihara sebagai masteran

Burung Cililin biasanya dipelihara sebagai masteran untuk burung kicau jenis lain, terutama burung-burung lomba seperti Murai Batu (MB), Cucak ijo (CI), Kacer, dan lainnya.

Cililin memiliki suara tembakan panjang, rapat, nyaring dan keras, sehingga jika seekor burung lomba memiliki suara tembakan Cililin maka akan terdengar sangat dominan digantangan.

Cililin juga termasuk burung yang mudah terpancing emosinya karena jika ada burung lain disekitarnya yang mengeluarkan suara keras, maka burung ini akan membalasnya dengan dengan suara yang lebih keras.

Dua jenis burung Cililin yang sering dipelihara sebagai burung masteran:

Ada dua jenis burung Cililin yang sering dipelihara untuk dijadikan sebagai masteran, yaitu Cililin coklat dan Cililin hitam. Tapi yang lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran adalah Cililin coklat karena memiliki suara tembakan yang lebih panjang, lebih rapat dan lebih nyaring (kristal). Sedangkan Cililin hitam jarang digunakan sebagai masteran karena suara tembakannya cenderung pendek dan kasar.

Jika kita ingin memelihara salah satu jenis burung Cililin tersebut, maka agar burung selalu sehat dan dapat bertahan hidup, kuncinya yaitu pada pola perawatan harian serta pemberian pakan yang baik dan bergizi.

Memelihara burung Cililin memang gampang-gampang susah, sebab burung ini rawan sekali mengalami stress dan gampang mati jika perawatannya tidak tepat.

Burung Cililin memiliki bentuk fisik yang khas, dengan postur tubuh besar, memiliki jambul panjang di atas kepalanya dan terdapat kombinasi bulu berwarna bitam dan putih pada bagian tengkuknya.

Untuk penyebarannya, burung Cililin Coklat yang memiliki karakter suara ngeroll panjang dan lebih kristal banyak terdapat dihutan-hutan Sumatera, sedangkan Cililin hitam banyak dijumpai dihutan-hutan di Pulau Jawa.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang "Jenis burung Cililin yang banyak dipelihara sebagai masteran". Untuk informasi lain seputar burung Cililin, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cililin hitam dan Cililin coklat

Video burung Cililin coklat gacor

Post a Comment for "Jenis burung Cililin yang banyak dipelihara sebagai masteran"