Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal ciri-ciri Cucak ijo Sumatera

gambar burung cucak ijo sumatera
Burung Cucak ijo Sumatera

Onkicau.com - Burung Cucak ijo (CI) Sumatra memang tidak sepopuler burung Cucak ijo dari daerah lain seperti Cucak ijo lokal Jawa dan Cucak ijo Kalimantan. Tapi soal kualitas, Cucak ijo Sumatera sebetulnya juga memiliki performa yang tidak kalah hebat dari Cucak ijo dari daerah lain.

Harga burung Cucak ijo Sumatra juga lebih murah dibanding burung Cucak ijo dari daerah lain karena memang kurang diminati oleh para Kicau Mania.

Padahal jika dirawat dengan baik, performa burung Cucak ijo Sumatera juga dapat menyaingi burung Cucak ijo dari daerah lain.

Burung Cucak ijo yang paling terkenal dikalangan Kicau Mania adalah Cucak ijo Banyuwangi karena memiliki suara kicauan yang lantang dan bervariasi dan memiliki mental fighter yang tangguh sehingga sering menjuarai perlombaan.

Jika burung Cucak ijo dari daerah lain memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama, tapi burung Cucak ijo asal Sumatera memiliki ciri fisik yang agak berbeda dengan burung Cucak ijo dari daerah lain.

Baca juga: Ciri-ciri dan kelebihan Cucak ijo Banyuwangi asli

Berikut ini ciri-ciri Cucak ijo Sumatra:

1. Cucak ijo Sumatera memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding Cucak ijo dari daerah lain seperti dari daerah Jatim (Banyuwangi dan Jember), Jateng (Linggo Asri - Pekalongan) dan dari daerah Kalimantan.

2. Bulu-bulu disekujur tubuh burung Cucak ijo Sumatera berwarna hijau muda agak kekuning-kuningan.

3. Di atas kepala bagian depan terdapat bulu berwarna kuning yang menjadi ciri khas Cucak ijo Sumatera dan yang membedakannya dengan Cucak ijo dari daerah lain.

4. Pada bagian dagu sampai bawah paruh terdapat bulu berwarna biru metalik yang tampak lebih lebar jika dibandingkan dengan Cucak ijo dari daerah lain.

5. Bulu ekor Cucak ijo Sumatera lurus dan kaku serta agak pendek.

6. Ketika ngentrok jambul Cucak ijo Sumatra akan terlihat njegrik / berdiri tegak.

7. Volume suara Cucak ijo Sumatera keras dan tajam tapi cenderung monoton ketika berkicau sendirian. Tapi ketika bertemu lawan burung ini akan langsung mengeluarkan materi lagunya yang variatif.

Cucak ijo Sumatera memang kurang dikenal dan kurang diminati oleh para penggemar burung kicauan, berbeda dengan jenis burung kicau lainnya seperti Murai Batu dan Kacer asal Sumatera yang menjadi primadona di kalangan Kicau Mania.

Baca juga: Ciri-ciri dan kelebihan Kacer Sumatera dibanding Kacer dari daerah lain

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Cucak ijo Sumatra yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mengenal ciri-ciri Cucak ijo Sumatera"