Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips memilih bakalan Perkutut Bangkok yang suaranya bagus

gambar anakan burung perkutut bangkok
Anakan Perkutut Bangkok
Onkicau.com - Bagi penggemar burung Perkutut pemula mungkin tidak terlalu mementingkan kualitas suara burung Perkutut yang dibelinya, karena yang terpenting bagi mereka Perkutut yang dibelinya dapat hidup dan bunyi saja sudah senang.

Padahal jika di amati antara burung Perkutut yang satu dengan burung Perkutut yang lain memiliki suara yang berbeda-beda, ada yang suaranya merdu dan ada yang suaranya cempreng.

Walaupun suaranya monoton dan terdengar sama, tapi sebetulnya masing-masing burung Perkutut memiliki suara anggungan dengan volume, irama lagu dan ketukan yang berbeda-beda. Masing-masing burung Perkutut memiliki ciri tersendiri seperti halnya Manusia yang memiliki tipe suara berbeda-beda.

Lain halnya dengan para penggemar Perkutut senior, dalam memilih burung Perkutut yang terpenting bagi mereka adalah kualitas suaranya yang benar-benar harus di utamakan walaupun harus merogoh kocek lebih dalam.

Para penggemar Perkutut pemula umumnya kurang paham dengan kriteria burung Perkutut yang memiliki suara bagus, dan seringkali setelah Perkutut dirawat cukup lama akhirnya kecewa karena ternyata suara anggunagannya tidak seperti yang diharapkan.

Merawat burung Perkutut bakalan sampai rajin manggung tidaklah mudah karena membutuhkan ketelatena , waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika Perkutut bakalan tersebut dibeli dengan harga mahal tentu yang diharapkan burung Perkutut tersebut nantinya bersuara bagus.

Agar tidak kecewa sebaiknya dalam memilih burung Perkutut bakalan perhatikan juga katuranggannya untuk memprediksi kualitas suara Perkutut bakalan tersebut nantinya.

Berikut cara memilih bakalan Perkutut bangkok yang memiliki suara bagus:

1. Harus berjenis kelamin jantan

Burung Perkutut yang rajin manggung dan memiliki suara anggungan merdu rata-rata yang berjenis kelamin jantan, karena di alam bebas suara anggungan Perkutut jantan diperdengarkan untuk memikat Perkutut betina.

Perbedaan jenis kelamin burung Perkutut jantan dan betina bisa diketahui dengan meraba tulang supitnya (tulang lunak yang terletak di bawah dubur di antara pangkal paha).

Caranya:

Pegang tubuh burung Perkutut dengan tangan kiri, lalu raba tulang supitnya menggunakan jari telunjuk kanan atau ibu jari.

Jika tulang supit terasa keras, maka kemungkinan besar Perkutut tersebut berjenis kelamin jantan, dan jika tulang supitnya terasa renggang dan lunak, kemungkinan besar Perkutut tersebut berjenis kelamin betina.

Selain itu, bentuk kepala Perkutut jantan umumnya agak besar dan agak pipih dengan pupur lebih cerah sampai sebagian kepala. Sedangkan bentuk kepala Perkutut betina umumnya lebih kecil dan membulat dengan pupur yang kusam dan hanya dibagian depan kepala saja.

2. Bentuk kepala dan mata

Perkutut Bangkok yang dapat bersuara bagus biasanya memiliki bentuk kepala agak lonjong memanjang (oval) atau biasa disebut njambe nom (seperti buah pinang muda) dengan mata yang cerah (warna biru muda atau coklat muda) serta titik hitam pada bola matanya besar dan bening.

3. Bentuk paruh dan hidung

Perkutut bangkok yang suaranya bagus biasanya memiliki paruh yang tebal, kokoh, dan tidak terlalu panjang. Bentuk lubang hidungnya menonjol tinggi ke atas seperti lubang hidung burung Merpati dengan lubang hidung lebar dan bersih tertutup / terlindungi sayap hidung.

4. Bentuk leher

Perkutut bangkok yang memiliki kualitas suara bagus umumnya memiliki leher lebih panjang dan serasi serta tegak lurus dengan posisi kepala yang mendongak seperti ular kobra. Pangkal lehernya tampak besar mengembang, karena bagian tersebut merupakan kantong suara.

5. Bentuk badan

Perkutut bangkok yang suaranya bagus biasanya memiliki dada yang bidang dengan bentuk punggung agak bungkuk (bongkok udang). Warna lurik pada bulu badannya lembut dengan kulit pada bagian ketiaknya lemas / tidak tegang.

Selain itu bulu sayapnya juga panjang dengan bulu yang pertama tampak besar-besar terdiri dari 21 sampai 25 lembar bulu.

6. Bentuk kaki

Pilihlah Perkutut bangkok yang sikap berdirinya tampak gagah dengan jari kaki yang mencengkeram kuat pada tangkringan.

7. Bulu ekor

Pilih bakalan Perkutut bangkok yang memiliki bulu ekor panjang dan mengumpul, semakin ke ujung semakin mengecil (lancip) dengan pangkal ekor / brutu yang besar, tinggi meruncing dan mendongak ke depan.

Bakalan Perkutut bangkok dengan ciri-ciri seperti di atas nantinya setelah mapan dan gacor kemungkinan besar memiliki suara anggungan yang bagus.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Perkutut Bangkok yang suara manggungnya bagus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips memilih bakalan Perkutut Bangkok yang suaranya bagus"