Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua cara efektif mengatasi Murai Batu ngelowo / mbetmen

gambar murai batu ngelowo
Murai Batu Ngelowo

Onkicau.com - Ngelowo / mbetmen pada Murai Batu (MB) adalah perilaku membuka sayap ketika bertemu lawan, dan tidak jarang perilaku ngelowo dibarengi dengan ngeruji atau turun ke dasar sangkar sambil ngeriwik. Hal itu tentu akan mengurangi penampilannya saat dilombakan.

Oleh karena itulah kita harus mengantisipasinya agar Murai Batu tidak ngelowo / mbetmen pada saat dilombakan.

Pada dasarnya, ngelowo / ngebetmen adalah perilaku alami dari burung Murai Batu ketika burung merasa kurang nyaman atau ada sesuatu yang membuat burung tersebut merasa tertekan, sama halnya seperti perilaku mbagong pada Kacer.

Perilaku ngelowo / mbetmen ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Kita hanya bisa menebak-nebak saja dengan cara memahami karakter Murai Batu yang kita rawat. Dengan begitu kita bisa tahu penyebab Murai Batu tersebut berperilaku ngelowo agar bisa mengantisipasinya.

Ngelowo / mbetmen bisa disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya karena over birahi dan over emosi yang disebabkan karena tidak tepatnya pola perawatan yang diterapkan pada burung Murai Batu tersebut.

Untuk jenis burung fighter seperti Murai Batu dan Kacer memang ada dua tipe / karakter, yaitu tipe fighter tinggi dan tipe fighter rendah. Kedua karakter tersebut tentunya berbeda cara perawatannya dan juga penanganannya ketika mengalami masalah seperti ngelowo / mbetmen.

Baca juga: Penyebab utama Kacer mbagong dan cara mengatasinya

Berikut ini cara efektif untuk mengatasi Murai Batu ngelowo / mbetmen:

1. Cara mengatasi ngelowo pada Murai Batu tipe fighter tinggi

Murai Batu (MB) dengan karakter fighter tinggi memiliki tingkat emosi yang tinggi atau cepat panas. Sistem metabolisme tubuhnya juga berbeda dengan Murai Batu tipe fighter rendah yang lambat panas.

Jadi, pola perawatan yang diterapkan adalah pola perawatan dingin untuk mengontrol suhu tubuhnya agar tidak over karena akan menyebabkan emosinya berlebihan dan berujung ngelowo / mbetmen.

Penanganan ngelowo / mbetmen pada Murai Batu tipe fighter tinggi dimulai dari:

• Pengembunan

Embunkan burung Murai Batu setiap hari mulai jam 05:00 pagi, karena suhu udara pagi yang dingin akan membuat suhu tubuh burung menjadi lebih stabil.

• Mandi

Jam 07:00 pagi burung Murai Batu dimandikan didalam bak keramba agar burung bisa mandi sepuasnya. Mandikan burung Murai Batu setiap hari untuk mengontrol suhu tubuhnya agar emosinya menjadi stabil.

• Jemur

Setelah selesai di mandikan, kemudian burung di angin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya sambil dijemur selama 10 - 15 menit saja. Untuk Murai Batu tipe figter tinggi tidak perlu dijemur terlalu lama agar emosinya tidak over atau meluap-luap.

• Extra fooding (EF)

Berikan jangkrik sebanyak 15 ekor pada pagi hari dan 15 ekor pada sore hari. Kroto diberikan 3x seminggu dengan porsi satu cepuk untuk sekali pemberian.

Baca juga: Manfaat kroto untuk Murai Batu

2. Cara mengatasi ngelowo pada Murai Batu tipe fighter rendah

Untuk Murai Batu (MB) dengan karakter fighter rendah (lambat panas) pola perawatannya berbanding terbalik dengan Murai Batu tipe fighter tinggi.

Pola perawatan yang harus diterapkan untuk Murai Batu tipe fighter rendah (lambat panas) adalah pola perawatan panas untuk mendongkrak emosi dan sifat fighternya.

Untuk menangani ngelowo / mbetmen pada Murai Batu tipe fighter rendah dimulai dari:

• Mandi

Kurangi intensitas mandinya menjadi seminggu sekali agar suhu tubuhnya meningkat, sehingga emosinya juga akan meningkat.

• Jemur

Lakukan penjemuran setiap hari dengan durasi yang cukup lama, lakukan sampai burung Murai Batu terlihat mangap dan gelisah. Pada saat dijemur, cepuk air minumnya dikeluarkan dulu.

• Extra fooding (EF)

Berikan jangkrik sebanyak 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor pada sore hari. Tambahkan ulat hongkong (UH) sebanyak 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor pada sore hari.

• Full kerodong

Untuk mendongkrak emosinya, sebaiknya burung Murai Batu dikerodong setiap hari (full kerodong) setelah selesai melakukan proses perawatan.

Baca juga: Buka tutup kerodong untuk melatih mental fighter Murai Batu lapangan

Demikian sedikit informasi tentang cara efektif untuk mengatasi Murai Batu ngelowo / mbetmen yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Dua cara efektif mengatasi Murai Batu ngelowo / mbetmen"