Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usia ideal Murai Batu (MB) untuk dilombakan

gambar murai batu lomba
Burung Murai Batu

Onkicau.com - Banyak para Kicau Mania yang memelihara burung Murai Batu (MB) dengan tujuan untuk di lombakan. Karena hal itulah banyak dari para penghobi Murai Batu rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli anakan burung Murai Batu trah juara dengan harapan agar nantinya dapat berprestasi seperti indukannya.

Namun seringkali harapan tidak sesuai dengan kenyataan karena keturunan Murai Batu jawara tidak selalu dapat menjadi jawara. Hal itu bisa disebabkan karena beberapa faktor, misalnya saja dari pola perawatan yang kurang tepat, settingan harian dan lomba yang tidak sesuai dengan karakter burung, dan usia dari Murai Batu tersebut yang sebetulnya belum matang secara mental untuk dilombakan.

Baca juga: Settingan lomba untuk Murai Batu agar bisa tampil maksimal dilapangan

Usia Murai Batu sangat berpengaruh pada mentalnya, oleh karena itu untuk burung Murai Batu yang masih muda sebaiknya jangan buru-buru untuk diturunkan ke arena lomba meskipun burung tersebut sudah menunjukkan sifat fighternya.

Jika kita memelihara Murai Batu dari anakan / trotolan, minimal setelah satu kali mabung (setelah berganti bulu dewasa) kemudian mabung lagi ke bulu dewasa berikutnya baru boleh mulai ditrek dengan beberapa burung Murai Batu lainnya atau maksimal mengikuti Latber.

Hal itu bertujuan untuk menjaga perkembangan mental dari Murai Batu muda tersebut dikemudian hari. Mungkin ketika dilombakan Murai Batu tersebut tampil ngotot mengimbangi lawan-lawannya yang usianya sudah mapan dan sudah berpengalaman, namun kita tidak tahu apakah burung tersebut bertarung dengan mental tertekan atau benar-benar berani.

Baca juga: Perlakuan khusus untuk membuat Murai Batu muda lebih fighter

Banyak kasus yang terjadi pada Murai Batu muda yang terburu-buru dilombakan kemudian mengalami masalah pada mentalnya yang drop, macet bunyi, hilang sifat fighternya dan bahkan sampai mencabuti bulu-bulunya sendiri (kanibal).

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal negatif tersebut sebaiknya kita bersabar menunggu sampai usia Murai Batu benar-benar matang sambil melatih dan melengkapi materinya agar ketika sudah saatnya dilombakan burung tersebut sudah siap secara mental dan fisik dengan performa dan amunisi yang mumpuni.

Usia yang paling ideal untuk burung Murai Batu agar benar-benar siap untuk dilombakan adalah setelah tiga kali mabung bulu dewasa, karena pada usia ini burung Murai Batu telah memiliki fisik dan mental yang tangguh untuk bertarung.

Jangan sampai semua yang sudah kita lakukan untuk merawat burung Murai Batu dari nol menjadi sia-sia hanya karena ketidak sabaran kita.

Merawat burung Murai Batu dari anakan / trotolan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, selain itu kita juga harus meluangkan waktu dan tenaga sampai burung tersebut menjadi dewasa.

Jadi sebaiknya, tunggu sampai usia Murai Batu benar-benar matang dan siap untuk dilombakan. Tidak usah tergesa-gesa agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga: Terapi untuk mengatasi Murai Batu macet bunyi

Demikian sedikit informasi tentang usia ideal burung Murai Batu untuk dilombakan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Usia ideal Murai Batu (MB) untuk dilombakan"