Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara melatih Jalak Kebo mata putih agar bisa bicara

gambar anakan jalak kebo mata putih
Anakan Jalak Kebo mata putih

On Kicau - Burung Jalak Kebo atau Jalak Penyu adalah salah satu jenis burung kicauan yang cepat gacor dan sangat cerewet, bahkan jika telaten melatihnya burung ini bisa mengucapkan beberapa kata Manusia seperti "halo, hai, cewek" dan beberapa kata-kata pendek lainnya, terutama untuk jenis Jalak Kebo mata putih.

Pada dasarnya setiap jenis burung Jalak (Jalak Kebo, Jalak Nias, Jalak Suren, Jalak Putih dan Jalak lainnya) adalah burung peniru yang baik dan bisa dilatih untuk mengucapkan beberapa kata pendek, hanya saja Jalak Kebo/Jalak Penyu bukanlah dari jenis burung seperti Beo yang dapat menghafal beberapa kata sekaligus untuk diucapkan dengan fasih.

Oleh karena itu, untuk melatih burung  Jalak Kebo mata putih agar bisa ngomong, caranya agak berbeda dengan cara melatih burung Beo.


Berikut ini beberapa cara untuk melatih Jalak Kebo mata putih agar bisa bicara:

1. Pilihlah Jalak Kebo mata putih yang usianya masih muda agar lebih mudah jinak dan lebih mudah mengingat kata-kata yang kita ajarkan.

Lebih bagus lagi jika memelihara Jalak Kebo dari anakan/lolohan karena memorinya masih kosong sehingga lebih mudah mengingat kata-kata yang di ajarkan.

2. Tempatkan Jalak Kebo mata putih diruangan yang sering digunakan untuk beraktifitas agar secara alami bisa menirukan kata-kata Manusia yang sering didengarnya.

3. Jalak Kebo harus sering di ajak bermain-main dengan cara mengelus-elus bagian tubuh dan kepalanya agar terjalin komunikasi yang baik dengan pemiliknya.

4. Biasakan untuk memberi makan Jalak Kebo langsung dari tangan sambil mengelus-elus kepalanya dan diajak bicara dengan kata-kata yang sama di ulang-ulang setiap hari.

5. Biasakan untuk selalu mengucapkan kata-kata singkat yang mudah di ingat agar Jalak Kebo terbiasa dengan kata-kata tersebut setiap hari dan bisa menghafalnya.

6. Setiap kali kita melatih Jalak Kebo bicara, selalu berikan pakan favoritnya berupa jangkrik atau pakan lain yang disuakainya.

Lakukan cara ini secara rutin dan konsisten setiap hari agar Jalak Kebo mata putih bisa menirukan kata-kata yang kita ajarkan dengan fasih.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang cara melatih Jalak Kebo mata putih agar bisa ngomong yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Jalak, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Video Jalak Kebo mata putih bisa ngomong

Post a Comment for "Cara melatih Jalak Kebo mata putih agar bisa bicara"