Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan khusus untuk Kolibri Ninja (Konin) pada saat mabung/ngurak

Mabung/ngurak adalah proses rontoknya bulu-bulu lama dan akan digantikan dengan tumbuhnya bulu-bulu baru. Mabung/ngurak adalah proses alami yang terjadi setiap tahun pada semua jenis burung termasuk Kolibri Ninja (Konin).

Pada saat Kolibri Ninja (Konin) memasuki masa mabung/ngurak, kebutuhan nutrisinya harus terpenuhi agar proses mabungnya berlangsung normal dan cepat selesai.

Pada saat mabung/ngurak Kolibri Ninja (Konin) membutuhkan lebih banyak asupan protein mineral dan vitamin untuk pembentukan bulu-bulu baru.

Jika Kolibri Ninja (Konin) kekurangan nutrisi terutama karotin pada saat mabung/ngurak, akibatnya bulu dadanya akan berwarna coklat atau hitam. Sedangkan jika selama masa mabung kebutuhan karotinnya terpenuhi, maka bulu dadanya akan tetap berwarna merah seperti Kolibri Ninja (Konin) liar di alam bebas.

Masa mabung/ngurak merupakan masa-masa rawan karena Kokibri Ninja (Konin) rentan sakit karena kondisi fisik burung dalam kondisi tidak fit dan metabolisme tubuhnya juga tidak stabil.

Pada saat mabung/ngurak, berikan vitamin seminggu 2 kali agar Kolibri Ninja (Konin) tetap fit.

Lakukan pemasteran selama masa mabung/ngurak karena pada saat mabung, Kolibri Ninja (Konin) cenderung lebih banyak diam sehingga lebih fokus dalam mendengarkan dan merekam suara-suara masteran yang diperdengarkan.

Kunci utama perawatan Kolibri Ninja (Konin) pada saat mabung/ngurak adalah dengan memperbanyak pemberian kroto setiap hatinya untuk memenuhi kebutuhan protein burung selama masa mabung berlangsung.

Selain kebutuhan nutrisinya yang harus terpenuhi, pada saat mabung/ngurak Kolibri Ninja (Konin) sebaiknya lebih banyak dikerodong (full kerodong) siang dan malam agar burung merasa tenang dan fokus menyelesaikan masa mabungnya tanpa banyak gangguan yang bisa menghambat proses mabungnya.

Berikut ini perawatan khusus untuk Kolibri Ninja (Konin) pada saat mabung/ngurak:

• Jam 05.00/05.30 burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk di embunkan.

• Jam 07.00 ganti pakan, air minum, dan bersihkan kandangnya.

• Berikan kroto segar dengan porsi dua kali lipat dari porsi hariannya sebelum mabung.

• Jam 07.00-07.30 burung dijemur selama kurang lebih 30 menit.

• Setelah selesai dijemur, burung di angin-anginkan di teras selama beberapa saat sebelum dibawa masuk ke dalam rumah.

• Setelah dirasa cukup, burung dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah dengan diperdengarkan suara burung masteran sampai sore hari.

• Sekitar jam 16.00 buka krodong agar burung mendapatkan udara segar selama kurang lebih satu jam kemudian dikerodong lagi agar burung beristirahat sampai pagi.

• Pagi hari sekitar jam 04.30 perdengarkan lagi suara burung master sampai jam 06.00.

Baca juga:

Cara meningkatkan volume suara Murai Batu

Perawatan khusus untuk Kolibri Ninja (Konin) menjelang lomba

Cara melatih Jalak Kebo mata putih agar bisa bicara

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan khusus untuk Kolibri Ninja (Konin) pada saat mabung/ngurak". Untuk informasi lain seputar Kolibri Ninja (Konin), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kolibri Ninja (Konin) dalam proses mabung/ngurak

Post a Comment for "Perawatan khusus untuk Kolibri Ninja (Konin) pada saat mabung/ngurak"