Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pleci Dakun mata putih vs Pleci Dakun mata coklat

Pleci dakun (dada kuning) adalah salah satu jenis burung Pleci yang paling banyak dipelihara oleh para Pleci Mania (Pleman). Alasannya karena kualitas Pleci dakun dipercaya lebih baik dari Pleci dada putih (daput), baik dari segi suara kicauannya maupun dari karakter dan mentalnya.

Ada dua jenis Pleci dada kuning (dakun), yaitu Pleci dakun mata putih (maput) dan Pleci dakun mata coklat (macok) yang dipercaya memiliki kelebihan masing-masing. Tapi yang paling banyak beredar dipasaran dan paling banyak dipelihara adalah Pleci dakun mata coklat karena stoknya dipasaran maupun di alam lebih banyak.

Berikut ini perbandingan kualitas antara Pleci dakun mata putih dan Pleci dakun mata coklat:

• Pleci dakun mata putih (maput)

Pleci dada kuning mata putih (maput) dipercaya sebagai jenis Pleci terbaik yang sampai saat ini masih menjadi primadona dikalangan Pleci Mania (Pleman). Pleci dakun mata putih (maput) berasal dari daerah Kudus Jawa tengah, tepatnya dari Gunung Muria. Oleh karena itulah Pleci dakun mata putih lebih dikenal sebagai Pleci Muria, walaupun di wilayah lain juga ditemukan Pleci jenis ini.

Karena banyaknya Pleci dakun mata putih (maput) yang berprestasi di arena lomba, dari mulai kelas bawah, menengah, sampai lomba tingkat Nasional yang kebanyakan dijuarai oleh Pleci jenis ini menyebabkan peminat Pleci dakun mata putih semakin banyak. Hal inilah yang menyebabkan harga Pleci Muria menjadi semakin mahal.

Pleci dakun mata putih (Maput) rata-rata memiliki mental fighter yang tangguh dan memiliki tingkat kecerdasan tinggi sehingga mudah dimaster. Selain itu, Pleci Muria juga memiliki kelebihan pada kualitas suara kicauannya yang sangat nyaring dan jernih (kristal) dengan volume tembus.

• Pleci dakun mata coklat (macok)

Pleci dada kuning mata coklat (macok) memiliki tingkat penyebaran yang lebih banyak dibanding Pleci dakun mata putih (maput), karena populasinya di alam bebas lebih banyak. Pleci dakun mata coklat (macok) juga banyak yang menjuarai lomba, bahkan pada event-event besar sekalipun. Jadi, pada dasarnya semua jenis burung Pleci, baik mata putih maupun mata coklat sama-sama memiliki kualitas yang bagus asalkan jeli dalam pemilihan bahan Pleci yang prospek dan juga pola perawatan yang tepat sesuai dengan karakter burung. Karena kualitas atau bakat bawaan memiliki peranan 70% dan pola perawatan (settingan) memiliki peranan 30% dalam menentukan performa Pleci dilapangan.

Jadi, baik Peci dakun mata putih (maput) atau Pleci dakun mata coklat (macok) yang lebih menentukan kualitasnya adalah trah/bakat bawaan. Jika Pleci tersebut merupakan pemimpin koloni di habitatnya, maka Pleci tersebut memiliki potensi lebih besar untuk menjadi juara digantangan karena memiliki mental yang kuat.

Pleci dakun mata coklat (macok) dipercaya lebih mudah dalam perawatannya, cerdas, cepat gacor, mudah jinak, memiliki mental petarung sejati, dan memiliki suara kristal dengan volume tembus.
Selain itu, harga Pleci dakun mata coklat (macok) juga lebih murah karena stoknya dipasaran lebih banyak.

Selama ini Pleci dakun mata putih (maput) terkenal dengan suara ngalas isian dan tembakan-tembakannya yang bisa membuat burung lain terdiam, tapi Pleci dakun mata coklat (macok) juga bisa memiliki kualitas suara yang sama jika di master dengan materi yang tepat.

Jadi, warna iris mata tidak bisa menjadi patokan untuk menentukan kualitas burung Pleci, karena pada dasarnya semua jenis Pleci sama-sama bagus. Yang terpenting adalah karakter, mental, memiliki kecerdasan yang baik, memiliki volume keras, memiliki materi dan irama lagu yang bagus, serta durasi saat dilombakan. Hal itu tidak terlepas dari pola perawatan harian dan perawatan (settingan) lomba yang diterapkan.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang "Pleci Dakun mata putih vs Pleci Dakun mata coklat". Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih
Pleci dakun mata putih dan Pleci dakun mata coklat

Video Pleci dakun mata putih vs Pleci dakun mata coklat

Post a Comment for "Pleci Dakun mata putih vs Pleci Dakun mata coklat"